Pantau Lalu Lintas, 10 Kamera CCTV Dipasang

PEMALANG – Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang memasang 10 kamera CCTV (Closed Circuit Television) atau kamera televisi sinyal tertutup. Kepala Dinas Perhubungan Akhmad Fatah mengatakan pemasangan CCTV ini untuk memantau arus lalu lintas dan menghimbau pengguna lalu lintas untuk tidak melalukan pelanggaran.

“Untuk CCTV yang berfungsi sebagai pemantau dan menghimbau pengguna lalu lintas agar tidak melakukan pelanggaran dipasang di tiga titik antara lain di simpang tiga bank BCA, Bank Mega dan Sirandu,”kata Fatah, kemarin.

Sementara itu selain tiga kamera tersebut juga dipasang CCTV di tujuh lokasi lain yang berfungsi sebagai pemantau saja.”Totalnya ada 10 CCTV yang dipasang, tiga sebagai pemantau dan penghimbau kemudian tujuh lainnya hanya pemantau saja,”ujarnya.

Kasi Manajemen Lalu Lintas Dishub Indra Gunawan menambahkan pemantauan lalu lintas di 10 titik itu berlangsung selama 24 jam. Adapun untuk CCTV yang memiliki fungsi tambahan sebagai penghimbau beroperasional mulai dari jam 6 pagi sampai 21.00.

Sementara itu kamera pemantau dipasang antara lain di alun-alun, Pagaran, Lawangrejo, Gandulan, Jl Surohadikusumo, Jl Pemuda dan Blandong.

Lebih lanjut dia mengatakan pemasangan kamera ini belum sampai pada penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Program kata dia baru sebatas pantauan dan himbauan kepada pengguna jalan.

Melalui pemasangan kamera tersebut akan ada perubahan perilaku masyarakat dari enggan terhadap peraturan dan mengabaikan keselamatan diri dan orang lain dalam berlalu lintas menjadi patuh. Sebab target dari program ini adalah sanksi sosial di mana saat terjadi pelanggaran maka masyarakat yang ada di kanan kiri pelanggar akan ikut mengingatkan agar pelanggar patuh terhadap peraturan lalu lintas.

Ke depan program ini akan ditingkatkan dari sekadar menghimbau, ditindaklanjuti dengan penindakan. Dishub kata dia akan bekerjasama dengan Polres Pemalang sehingga pelanggaran lalu lintas yang terpantau kamera CCTV bisa ditilang.(Ali Basarah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.