Polres Brebes Aksi Tanam 23.789 Batang Pohon Serentak

BREBES – Jajaran Polres Brebes melakukan penanaman sebanyak 23.789 batang pohon, secara serentak di wilayah Kabupaten Brebes, Jumat (10/1). Aksi penghijauan itu dimulai secara simbolis bersama jajaran Pemkab Brebes di halaman GOR Sasana Kridha Adikarsa Brebes.

Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyono melalui Wakapolres Brebes, Kompol M Faisal Perdana mengatakan, total bibit pohon penghijuan yang ditanam sebanyak 23.789 batang. Bibit pohon yang ditanam tersebut merupakan jenis pohon produktif. Artinya, bibit tanaman keras yang menghasilkan, seperti jenis mangga dan lainnya. Mekanisme penanamanannya, selain di kompleks GOR juga dilakukan serentak di setiap Polsek. ” Aksi ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian Polri terhadap lingkungan, sehingga terjaga dengan baik dan kita dapat hidup nyaman di muka bumi ini,” katanya.

Menurut dia, tanaman sangat berperan sebagai penyangga kehidupan sekaligus kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan manfaat lingkungan lainnya. Termasuk, sebagai penghasil oksigen dan konservasi keanekaragaman hayati. Namun pada kenyataannya, saat ini kondisi lingkungan kurang terjaga dengan baik. Imbarnya, muncul pencemaran udara. Bahkan, akibat kerusakan lingkungan juga banyak terjadi bencana alam seperti banjir dan longsor. “Lahan di sekitar kita terlihat gersang dan hutan banyak yang rusak. Akibatnya, saat musim hujan seperti sekarang, kita mengalami bencana banjir. Sebaliknya pada musim kemarau, kita mengalami kekeringan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia meminta, seluruh elemen masyarakat, dari mulai tokoh masyarakat hingga LSM peduli lingkungan, untuk menyadarkan seluruh masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan alam sekitar. Caranya, dengan membangun kebiasaan menanam pohon secara berkelanjutan. “Kami berharap semoga penanaman serentak ini memotivasi, memberi pemahaman dan peran aktif terhadap kelestarian lingkungan,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.