Tiga Raperda Minta Segera Dibahas dan Ditetapkan

TEGAL – Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono meminta DPRD Kota Tegal untuk segera membahas tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan kemudian menetapkannya. Yakni, Raperda tentang Perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, Perda tentang Pencabutan Peraturan Daerah dan Perda tentang Perubahan atas Perda Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Penyampaian Jawaban Wali Kota atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Tegal terhadap tiga Raperda Kota Tegal yang dibacakan oleh Wakil Wali Kota, Muhamad Jumadi di Ruang Paripurna DPRD, Rabu (8/1). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD, Kusnendro didampingi Wakil Ketua DPRD, Habib Ali Zaenal Abidin dan Wasmad Edi Susilo.

“Tiga rancangan peraturan daerah diharapkan dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kota Tegal dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah dibahas lebih lanjut oleh alat kelengkapan DPRD,” katanya.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, seluruh anggota DPRD Kota Tegal menyatakan menyetujui ketiga Raperda untuk dibahas oleh alat kelengkapan DPRD Kota Tegal. Meskipun demikian, anggota Fraksi PKS, Amirudin, mengusulkan agar ada penambahan kata maksimal 45 hari. Selain itu, pihaknya juga belum menerima jawaban tertulis dari yang disampaikan oleh Wali Kota. Hal itu dimaksudkan agar semua fraksi dan anggota Dewan bisa digunakan sebagai fungsi pengawasan.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Sutari menambahkan, karena belum ekskalasi waktu pembahasan,maka mengusulkan agar diperpanjang sesuai dengan kebutuhan. “Artinya kalau memang maksimal 45 hari dan kemudian belum selesai, maka menggunakan kalimat apabila dalam waktu 45 hari bisa diperpanjang sesuai kebutuhan,” katanya.(Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.