Puluhan SSB Berlaga di Kompetisi U-15 Piala Ketua KONI Brebes

BREBES – Puluhan sekolah sepakbola (SSB) yang tersebar di Kabupaten Brebes, berlaga dalam kompetisi U-15 mempereputkan Piala Ketua KONI Kabupaten Brebes. Kompetisi sepakbola kelompok usia tersebut resmi dibuka, Minggu (29/12), di Stadion Karangbirahi Brebes. Pembukaan dilakukan langsung Ketua KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni, ditandai dengan tendangan bola pertama dari tengah lapangan.

Sekretaris Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Brebes, Heri Fitriansyah mengatakan, kompetisi kelompok usia di sepakbola memang tengah dirintis PSSI Brebes, sebagai upaya pembibitan atlet sejak dini. Dalam kompetisi tersebut sebanyak 24 SSB yang terdaftar di PSSI Brebes ambil bagian.
“Kita gelar kompetisi U-15 ini, sekaligus untuk pengenalan managemen online bekerjasama dengan bolasoft. Tapi, untuk tahun 2020 konsepnya sudah Liga dan wajib berbasis digital. Tahun 2020 kita gelar dengan nama Liga Brebes Muda U-15 dan terintegrasi dengan Kompetisi Piala Soeratin U-15,” ungkapnya, usai pembukaan kompetisi.

Menurut dia, selain nantinya akan menyiapkan bibit atlet sepakbola yang berprestasi, melalui ajang itu juga diharapkan sepakbola di Brebes mempunyai data pemain yang jelas. “Jadi, basis digital ini kami terapkan agar diketahui data base pemain di setiap SSB. Ini akan mempermudah juga dalam pembinaannya,” tandasnya.

Sementara Ketua KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni mengatakan, event tersebut merupakan bagian dari upaya PSSI untuk memacu bakat dan potensi para pemain sepakbola muda di Brebes. Di sisi lain, dengan adanya kompetisi itu, setiap SSB juga dapat terus bersaing dengan sehat, dalam upaya menciptakan pesepakbola handal asal Brebes. “Kami memberikan apresiasi tinggi atas upaya PSSI ini. Makanya, kami pun sangat mendukung agar kompetisi ini bisa digelar secara berjenjang dan berkelanjutan,” ujarnya.

Dia menambahkan, potensi sepakbola yang dimiliki Brebes sebenarnya cukup besar. Terbukti, banyak putra daerah yang berkecimpung di sepakbola mampu menjadi pemain handal dan bermain di klub-klub besar nasional. “Ini juga bisa menjadi pendorong, agar anak-anak di Brebes mampu menjadi pemain top tingkat nasional, bahkan internasional,” pungkasnya.

(b.setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.