PSSI Brebes Rintis Kompetisi Kategori Usia Berbasis Digital

BREBES – Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Brebes, kini muli merintis kompetisi sepakbola kelompok usia dengan berbasis data digital. Rintisan itu diterapkan bersama Bolasoft dalam gelaran Kompetisi U-15 tahun 2019. Sebanyak 24 sekolah sepakbol (SSB) yang tersebar di Kabupaten Brebes siap berlaga dalam kompetisi memperebutkan Piala Ketua KONI Brebes tersebut.

“Tahun 2019 ini, kita gelar Kompetisi U-15, sekaligus pengenalan managemen online bekerjasama dengan bolasoft. Tapi untuk tahun 2020 kedepan, konsepnya sudah Liga dan wajib berbasis digital. Tahun 2020 kita gelar dengan nama Liga Brebes Muda U-15 dan terintegrasi dengan Kompetisi Piala Soeratin U-15,” ungkap Sekretaris Askab PSSI Brebes, Heri Fitriansyah usai sosialisasi dan teknikal meting Kompetisi U-15 tahun 2019, di Kantor KONI Brebes, kemarin.

Dia mengatakan, Kompetisi U-15 tahun 2019, rencananya akan digelar tanggal 24-29 Desember 2019. Selain nantinya akan mensapatkan bibit atlet sepakbola yang berprestasi, melalui ajang itu juga diharapkan sepakbola di Brebes mempunyai data pemain yang jelas. “Jadi, basis digital ini kami terapkan agar diketahui data base pemain di setiap SSB dan akan mempermudah juga dalam pembinaannya,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, ada tiga sasaran program kerja tersebut. Yakni, PSSI Brebes akan memiliki minimal 32 SSB aktif, yang rutin berlatih dengan kurikulum filanesia dan managemen berbasis online. Kedua, PSSI Brebes akan memiliki database profil 32 pelatih berlicensi D dan profil online 576 pemain kategori usia beserta kelengkapan administrasinya. Terakhir, PSSI Brebes berencana akan menerbitkan raport pemain secara manual dan online, setelah melakukan skill test yang bekerjasama dengan lembaga resmi seperti PPLP Jawa Tengah atau SKO Ragunan.

“Jadi, di setiap tahun kita bisa lihat progres kemampuan pelatih dalam melatih anak didiknya, dan juga raport atau statistik pemain secara real yang bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

(bayu setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.