Warga Miskin Masih Ada Peluang Jadi Peserta BPJS PBI

TEGAL – Warga miskin yang belum menjadi peserta BPJS di Kota Tegal masih mempunyai kesempatan untuk bisa masuk menjadi Penerima Bantuan Iuran (PBI). Mereka bisa didaftarkan menjadi peserta yang akan mendapatkan bantuan iuran dari APBN maupun APBD Kota Tegal. Hal itu disampaikan anggota DPRD Kota Tegal, Asep Saefudin, kemarin.

Menurut dia, saat dirinya menggelar reses untuk menjaring aspirasi dari masyarakat, ternyata banyak menerima masukan dari masyarakat terkait kepesertaan BPJS karena Dinas Kesehatan (Dinkes) telah melakukan verifikasi faktual. “Hasil dari verifikasi Dinkes, banyak nama yang dicoret karena meninggal dan pindah alamat,” katanya.

Saefudin mengemukakan, sebelumnya jumlah awal sebanyak 32.000 orang setelah diverifikasi tinggal tersisa 25.000 orang. Sementara, alokasi anggaran APBD Kota Tegal untuk kegiatan tersebut meningkat dari Rp 9 miliar menjadi Rp 16 miliar. “Jumlah itu untuk membayarkan iuran 25.000 orang masih ada sisa, sehingga warga miskin di Kota Tegal bisa masuk didaftarkan melalui anggaran itu,”jelasnya.

Selain itu, masyarakat miskin juga bisa didaftarkan untuk mendapatkan kuota dari APBN. Caranya, ketua RT dan RW menyerahkan datanya ke kelurahan. Kemudian akan digelar musyawarah kelurahan dan hasil musyawarah ditandatangani serta dan diserahkan ke Dinkes untuk diteruskan ke Kementerian Sosial (Kemensos). (Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.