Hari AIDS Sedunia, Puskesmas Bumiayu Kampanyekan Pencegahan

BUMIAYU– Memperingati Hari Aids Sedunia, BLUD Puskesmas Bumiayu menggelar kampanye pencegahan HIV/AIDS di Pasar Kuliner Sunday Morning (Sunmor), Jalan KH Ahmad Dahlan Bumiayu, Brebes.

Kegiatan pada Minggu (1/12) tersebut diisi dengan senam massal bersama, layanan pemeriksaan dan konsultasi kesehatan, layanan voluntary counselling and testing (VCT) mobile, pentas seni hingga lomba foto tergokil. Pihak Puskemas juga menghadirkan Duta Genre Kabupaten Brebes 2019 Harmadia Jasmine Callista yang didaulat menyampaikan penyuluhan tentang pencegahan HIV/AIDS.

Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Bumiayu Nikmah Yuliyanti mengatakan berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan agar masyarakat mendapat pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS.”Pengetahuan tentang bagaimana penularan dan pencegahan ini penting dimiliki karena penyakit ini bisa menyerang segala kalangan dan kelompok usia,” katanya.

Kepala BLUD Puskesmas Bumiayu dr Ali Budiarto mengatakan temuan HIV/AIDS di wilayah kerjanya cukup tinggi dibandingkan puskesmas lainnya. Temuan ini terjadi karena tim VCT proaktif turun ke lapangan.”Ini bagus karena semakin cepat terdeteksi, penularan HIV/AIDS bisa dikendalikan. Bayangkan jika penderita tidak terdeteksi, penularan akan terus menyebar dan meluas,” ujarnya.

Oleh karenanya, Ali berharap, peringatan Hari AIDS Sedunia bisa menggugah kesadaran masyarakat sekaligus ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.”Partisipasi masyarakat dibutuhkan agar kampanye pencegahan HIV AIDS bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” katanya.(Teguh Tribowo/Red38)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *