Enam Mahasiswa PHB Tegal Ke Malaysia

* Ikut Program Orientasi di MSU

TEGAL – Sebanyak enam mahasiswa Kelas Internasional Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal , telah berangkat ke Malaysia. Mereka mengikuti Program Orientasi Pengenalan Kampus dan Pengukuhan Mahasiswa Baru Management and Science University (MSU) di negara tersebut.

Enam mahasiswanya yang yang berangkat ke perguruan tinggi negeri tetangga tersebut, Nerissa Andria Karina dari D3 Teknik Komputer, Tazkiyah Maharani, Azaria Syifaunnisa, Hilda Paramadina PH dari D3 Akuntansi, Saksono Bayu Ajie Sumantri dan Rendy Mala Bhuana Putra dari Sarjana Terapan D4 Teknik Informatika.

DOUBLE DEGREE : Direktur PHB Tegal Mc Chambali BEng EE MKom dan jajarannya, berfoto bersama dengan senat universitas MSU Malaysia, usai menandatangani kerjasama double degree untuk kelas internasional. Kerjasama serupa juga dilakukan 14 politeknik negeri lainnya di Indonesia.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

Direktur PHB Tegal Mc Chambali BEng EE MKom mengatakan, tujuan program tersebut, antara lain, untuk mengenal dan memahami lingkungan kampus MSU sebagai suatu lingkungan akademis, serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

“Ini juga untuk menambah wawasan mahasiswa kelas internasional, dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus tersebut secara maksimal. Tentu akan banyak hal menarik mengikuti kegiatan ini,” terang dia.

Double Degree

Chambali menambahkan, perguruan tinggi yang dipimpinnya, merupakan satu-satunya politeknik swasta dari 14 politeknik negeri, yang diakui dan diterima menjalin kerjasama dalam koridor ”Patnership University” oleh MSU. Kerjasama yang dilakukan, antara lain, berbentuk program Double Degree (Gelar Ganda).

Dalam waktu lima tahun kedepan, kata dia, mahasiswa kelas internasional yang mengikuti studi lanjut itu, mendapatkan gelar Master atau Magister (S2) dari perguruan tinggi di Malaysia tersebut. ”Ini setelah mahasiswa kami menempuh pendidikan D3 maupun Sarjana Terapan di PHB,” ucap dia.

Terpisah President of MSU, Prof Tan Sri Dato Wira Dr Mohd Shukri Ab Yajid mengatakan, lebih dari 1.700 mahasiswa baru yang berasal dari 17 negara, seperti USA, Korea, Saudi Arabia, dan beberapa negara Asia, termasuk Indonesia mengikuti program kelas internasional di perguruan tingginya.

Sementara itu, Staf Pusat Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama PHB Tegal Arifia Yasmin SE MSi Ak CA mengatakan, hari pertama di MSU, mahasiswa kelas internasional perguruan tingginya dibekali dengan pemahaman seputar kampus tersebut. Juga pemahaman sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan seluruh mahasiswa.

”Mahasiswa juga diajak untuk mengunjungi beberapa tempat terkenal di Kuala Lumpur, seperti Petronas Twin Towers. Hari kedua, mahasiswa mengikuti acara pengambilan sumpah sebagai mahasiswa baru yang dihadiri President MSU dan seluruh mahasiswa baru dari sejumlah negara,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *