Tegal Penghasil Teh Wangi Terbaik Dunia

TEGAL – Wilayah Tegal ternyata menjadi penghasil teh wangi terbaik dunia. Ada beberapa pabrik teh besar yang menguasai pasar dalam negeri yakni, Teh 2 Tang, Teh Poci, Teh Tong Tjie, Teh Gopek dan Tegal Tea Company. Pabrik teh tersebut berdiri hampir bersamaan, yakni sekitar tahun 1940-an. Hal itu disampaikan pelaksana Festival Tegal Tea Fiesta, Erwindho Hascaryo.

Menurut dia, kegiatan yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal dan Event Organiser Cresindo dan didukung Suara Merdeka di halaman belakang Kampus Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Jalan Semeru Kota Tegal, Minggu (24/11), sangat potensial dipromosikan kepada wisatawan mancanegara. Apalagi, Tegal memiliki banyak produksi teh unggulan sehingga kedepan bisa dijadikan Tegal sebagai pusat teh wangi dunia.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Tegal, Dinar Marnoto mengatakan, perhelatan Tegal Tea Fiesta 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai Jumat 22 hingga Minggu 24 November 2019 melibatkan 9 perusahaan teh. Yakni, Teh Kepala Jenggot (Solo), Teh Dandang (Batang), Teh Djawa ( Pekalongan), PTPN Kaligua ( Kabupaten Brebes), Gunung Slamet (Kabupaten Tegal), Teh 2 Tang (Kabupaten Tegal),Teh Gopek (Kabupaten Tegal), Teh Tong Tjie (Kota Tegal) dan Tegal Tea Company (Kota Tegal). Perusahaan tersebut memamerkan produknya masing- masing pada gelaran tersebut. “Kami ingin mengenalkan lebih jauh kepada generasi muda millennial bahwa teh merupakan salah satu tanaman agricultural yang banyak di tanam di Indonesia tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan,” katanya.

Selain itu, juga membentuk masyarakat dan komunitas pecinta teh, mindset tentang teh serba kuno dan tradisional harus di ubah bahwa teh itu sesuatu yang nge-hits. Karena itu, dalam kegiatan tersebut selain ajang pameran teh, penyelenggara juga menyajikan beberap kuliner, tari, musik, foodtruck, minum gratis, lomba mewarnai poci, factory visit. (Wawan Hoed/Red1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *