Perpustakaan UPS Tegal Incar Akreditasi A

* Asesor Perpusnas Cek Kelengkapan Fasilitas

TEGAL – Perpustakaan UPS Tegal yang terus berbenah dengan menambah jumlah koleksi buku terbaru dan berkualitas, didukung berbagai kelengkapan fasilitas penunjang, kini tengah mengincar Akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI.

Salah satu upaya menuju peningkatan akreditasi, dilakukan dengan mengirimkan dokumen borang akreditasi ke lembaga akreditasi tersebut. Dokumen tersebut pun telah diperiksa dan diteliti. Kemudian ditindaklanjuti dengan kedatangan Tim Asesor dari lembaga itu untuk melakukan visitasi lapangan.

”Tim Asesor sudah datang dan melihat langsung kondisi Perpustakaan UPS Tegal, Rabu (20/11). Kemudian melihat seluruh fasilitas yang tersedia, dan melakukan dialog dengan pengelola perpustakaan. Harapan kami, tentu perpustakaan ini dapat meraih Akreditasi A,” terang Kepala UPT Perpustakaan UPS Tegal Nani Hestuti.

Harapan meraih akreditasi lebih baik lagi, karena bila melihat komponen penilaian yang dipersyaratkan, sudah cukup memadai. Seperti koleksi buku, layanan, sumber daya manusia, dan sarana prasana sangat lengkap. Karena itulah, pihaknya optimis tim asesor akan memberikan nilai yang maksimal.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti Dr Eddhie Praptono SH MH didampingi Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Dr Moch Khamim SH MH mengatakan, yayasan selalu penyedia sarana dan prasarana perkuliahan selalu mendukung pengembangan dan kualitas perpustakaan kampus yang dimilikinya.

“Perpustakaan merupakan pusat keilmuan dan pengembangan akademik. Sehingga yayasan akan terus memperhatikan pengembangan dan pembangunan sarana dan prasana yang lebih memadai, untuk perpustakaan ini. Karena semua merupakan bagian dari pelayan kepada mahasiswa,” tandas dia, ketika menerima kedatangan Tim Asesor.

Pengembangan perpustakaan dikampusnya kini jauh lebih baik dan maju. Karena telah memiliki perpustakaan dengan aplikasi mobile, yang dapat diakses melalu smartphone, berbasis android.

Pojok Tegalan

Selain itu, lanjut dia, diperpustakaannya juga ada fasilitas menarik berupa ”Pojok Tegalan”. Hal itu yang merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada karya sastrawan Tegal, dengan memajang dan mendisplay buku-buku karya sastrawan tersebut.

Karena itulah, dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki, dirinya cukup yakin tim asesor yang melakukan visitasi akan memberikan nilai maksimal, sehingga status akreditasinya meningkat.

Sementara itu, tim asesor yang melakukan visitasi ke perpustakaan kampus tersebut adalaterdiri atas Jus’aini SPd MHum dan E Sugiyanti SSos. Keduanya tim dari perpustakaan nasional yang bertugas mengecek kelengkapan dokumen akreditasi.

Sugiyanti mengatakan, akreditasi perpustakaan diperlukan sebagai standar dalam pelayanan yang dilakukan. “Selama dua hari kami melakukan pengecekan data di lapangan. Apakah sudah sesuai dengan borang yang dikirimkan ke kami, atau tidak,” ucap dia.

Dia mengungkapkan, sebenarnya di Tegal pihaknya melakukan visitasi terhadap tiga perguruan tinggi, dan salah satunya perpustakaan milik UPS Tegal. Hal yang menjadi perhatian saat visitasi, antara lain, melihat dan mengecek apakah standar pengelolaan perpustakaan sudah sesuai atau tidak.

Akreditasi perpustakaan, lanjut dia, merupakan salah satu bagian dari penilaian akreditasi pada tingkat universitas. UPS Tegal sendiri sedang mencanangkan untuk meningkatkan akreditasi institusinya agar meningkat menjadi A.

Sehingga semua komponen harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Salah satunya fasilitas perpustakaan yang dimiliki perguruan tinggi tersebut.(Riyono Toepra-red07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *