Pelaksanaan Proyek Harus Tepat Waktu dan Tepat Mutu

TEGAL – DPRD Kota Tegal mengingatkan kepada para pelaksana berbagai proyek pembangunan di Kota Tegal agar menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu dengan tetap mengutamakan mutu serta kualitas hasil pekerjaan. Hal itu disampaikan mengingat hingga kini masih ada sejumlah pekerjaan proyek yang masih molor dalam pelaksanaannya. Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD, Edy Suripno, kemarin.

Menurut dia, ada beberapa faktor penyebab terjadinya keterlambatan pelaksanaan maupun penyelesaian pekerjaan. Berdasarkan hasil evaluasi dan tinjauan lapangan yaitu kontraktor tidak mengerjakan sesuai dengan waktu pelaksanaan, sehingga prosentase hasil pekerjaan tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, dalam proses pengawasan dari instansi terkait perlu ditingkatan. Selain itu, juga pada administrasi karena lambannya dinas dalam merealisasikan anggaran. “Banyak kontraktor yang mengeluh terkait keterlambatan pencairan termin, sehingga mereka kesulitan keuangan untuk melaksanakan pekerjaan,” katanya.

Edy Suripno menegaskan, seharusnya dinas segera memproses pengajuan termin apabila seluruh persyaratan yang dibutuhkan telah lengkap. Pihaknya juga mengimbau kepada para kontraktor apabila ada keterlambatan dalam proses pencairan untuk mengadu ke DPRD. Dengan demikian, bisa segera dikoordinasi dengan instansi terkait sehingga proses pembangunan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Kami secara rutin akan melakukan tinjauan lapangan terhadap pelaksanaan berbagai proyek untuk mengetahui pekerjaan mana yang sudah sesuai tahapan maupun yang belum optimal dalam proses pengerjaannya. Bagi yang belum mencapai progres sesuai tahapan, kami ingatkan agar pelaksanaan dipercepat. Dengan demikian, ketika kontrak berakhir, pekerjaan juga sudah betul-betul selesai,” katanya.

Dia menambahkan, terkait adanya proyek yang belum sesuai tahapan atau target, pihaknya meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pengguna anggaran untuk memerintahkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) mengirimkan surat tertulis ditujukan kepada pelaksanan kegiatan agar mempercepat pelaksanaan pekerjaan. Selain itu, konsultan pengawas proyek harus bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya.(Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.