Komisi II DPRD Minta Kebocoran Pendapatan Parkir Segera Ditangani

0 72

TEGAL – Komisi II DPRD meminta kepada Pemkot Tegal untuk segera menangani adanya dugaan kebocoran pendapatan parkir. Hal itu dimaksudkan untuk ketertiban dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (APD) dari sektor restribusi parkir. Demikian disampaikan Ketua Komisi II DPRD, Anshori Faqih, kemarin.

Menurut dia, selama ini masih banyak lokasi parkir yang belum terdata, sehingga perlu adanya pendataan, penataan dan penertiban. Upaya tersebut perlu dilakukan mengingat adanya informasi tentang pemasukan pendapatan parkir dari 400 titik yang tersebar di wilayah Kota Tegal mengalami kebocoran mencapai 85 persen. “Kami berharap persoalan ini segera ditangani dan dicarikan solusi guna terciptanya ketertiban dan kenaikan pendapatan daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Herviyanto menyampaikan, sebanyak 85 persen potensi parkir di wilayah Kota Tegal bocor. Sebab, dari hasil pemetaan dan evaluasi sejumlah kantong parkir yang belum dikelola dengan baik belum masuk sebagai retribusi parkir. “Dari total 400 titik parkir yang tersebar di Kota Tegal kami masih banyak kecolongan potensi retribusi parkir. Itu dibuktikan dengan sejumlah temuan karcis parkir palsu di wilayah seputar alun-alun yang digunakan oknum tidak bertanggung jawab,” ungkapnya.

Dia menegaskan, dari hasil evaluasi, masih banyak titik kantong parkir tepi jalan sudah memungut retribusi parkir namun tidak setor ke kas daerah. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan inovasi perubahan sistem dan teknis pengelolaan parkir. Terlebih, dengan target PAD dari sektor retribusi parkir tepi jalan sepanjang 2019 ini baru tercapai 87 persen. “Hingga Oktober capaian realisasi retribusi parkir baru sekitar Rp 1,3 miliar dari total target Rp 1,6 miliar,” katanya.

Terkait penanganan potensi parkir bocor, Hervy akan menggandeng Tim Sapu Bersih Pungutan Liar. Diperlukan tindakan tegas dalam menertibkan oknum yang sudah menyalahgunakan kewenangan untuk keuntungan pribadi. Bahkan, jika ditemukan pelanggaran mengandung unsur pidana juga akan diselesaikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. (Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.