DPRD Brebes Setujui Raperda RTRW

BREBES – DPRD Kabupaten Brebes menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Brebes untuk dibahas. Berkas Raperda RTRW itu secara resmi diserahkan eksekutif kepada DPRD Brebes, Senin (11/11), dalam rapat paripurna di gedung DPRD setempat.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Brebes, Teguh Wahid Turmudi mengatakan, secara resmi dan melalui rapat paripurna, Bupati Brebes telah menyampaikan permohonan Raperda RTRW. Sementara DPRD dari sisi aspek normatif, pengajuan itu disetujui untuk dibahas. Jika semuanya telah sesuai mekanisme dan telah memenuhi aspek normatif, penetapan raperda tidak akan berlangsung lama. “Insyaallah, jika semuanya sudah sesuai mekanisme dan aspek normatif, kami yakin perda ini bis secepatnya ditetapkan,” tandasnya.

Menurut dia, DPRD sangat mendukung terhadap adanya Raperda RTRW tersebut. Menginggat, Raperda RTRW itu akan menjadi dasar dan acuan pembangunan Kabupaten Brebes kedepan. Sehingga, pembangunan yang dilakukan tidak menyalahi aturan tata ruang. Apalagi, saat ini Brebes juga sudah ditetapkan sebagai Kawasan Industri di Jateng. Hal itu memerlukan payung hukum yang jelas. “Kami mohon dukungan, agar Raperda RTRW ini bisa ditetapkan tahun ini,” sambungnya.

Sementara Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, sebelum Raperda diserahkan ke DPRD Brebes, Pemkab Brebes telah menerima persetujuan subtansi (persub) atas Raperda RTRW tersebu dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ART). Atas dasar dikeluarkannya Persub Kementerian ART itu, sesuai tahapan Raperda diserahkan dan dimintakan persetujuan DPRD Brebes. “Hari ini, kami serahkan Raperda RTRW ini ke DPRD untuk bisa segera ditetapkan sebagai Perda,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, keberadaan Perda RTRW tahun 2019-2039 itu sudah sangat mendesak dibutuhkan. Sebab, akan menjadi acuan dalam memberikan kepastiak perisinan, investasi dunia usaha, pelestarian lingkungan hidup dan kearifan lokal.
Apalagi, Brebes merupakan daerah pengembangan investasi yang tentu saja akan memberikan manfaat bagi kemajuan daerah. “Perda RTRW ini sangat penting bagi Kabupaten Brebes, dalam upaya terus mendorong arahan pembangunan kedepan. Termasuk, menyangkut penetapan Brebes sebagai Kawasan Industri di Jateng,” terangnya.

Idza berharap, pihak legislatif untuk segera memproses raperda RTRW tersebut untuk kemudian ditetapkan menjadi Perda. “Kami memohon kepada legislatif untuk memproses raperda RTRW ini, agar secepatnya di tetapkan jadi perda. Ya, paling tidak selesai tahun 2019 ini” pungkasnya.

(setiawan_red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.