SEMARANG – Anggota legislatif, baik yang duduk di DPR RI maupun DPRD Jawa Tengah dari PDI Perjuangan berkolaborasi menampilkan pagelaran Wayang Orang Ngesti Pandawa. Pentas wayang orang dengan tema ‘Semar Mbangun Khayangan’ tersebut digelar di Radjawali Cultural Center Semarang, Kamis (7/11) malam. Satu diantara yang tampil wayang orang yakni Agung Satria Hermawan, anggota DPRD Jawa Tengah dari PDIP Dapil XIII (Pekalongan, Batang dan Pemalang-red) yang juga Ketua DPC PDIP Kota Pekalongan. Agung sendiri berperan sebagai Sadewa.

Dalam cerita pewayangan, Sadewa memiliki perwatakan jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi serta dapat menjaga rahasia. Dalam hal olah senjata, sadewa ahli dalam penggunaan pedang. Dalam penyamaran di Negri Wirata Sadewa menjadi pengurus taman kerajaan di Wirata bernama Tantripala. Jika Nakula tak dapat lupa akan segala hal maka, Sadewa juga memiliki ingatan yang kuat serta ahli dalam hal menganalisis sesuatu. Sadewa juga ahli dalam hal Metafisika dan dapat tahu hal yang akan terjadi.

Agung Satria Hermawan menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan konsep Tri Sakti yang dicetuskan Bung Karno. Menurutnya, seperti yang diketahui satu isi Tri Sakti adalah berkepribadian dalam kebudayaan, di mana wayang orang adalah satu bentuk budaya yang ada di Indonesia. “Hari ini kebetulan juga merupakan Hari Wayang Nasional ke-1 yang baru ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. Setiap 7 November juga diperingati sebagai Hari Wayang dunia, di mana Wayang ditetapkan sebagai warisan budaya yang tak ternilai dalam seni bertutur,” terangnya.

Dikatakan, setiap warga negara harus mempertahankan budaya dan PDI Perjuangan paling terdepan dalam mengawal budaya-budaya lokal. Budaya lokal harus terus dilestarikan, untuk melawan budaya luar agar negara ini tidak kehilangan jatidirinya sebagai negara yang berbudaya. Pertunjukkan wayang ini diselanggarakan, di sela-sela kesibukan anggota DPRD Jawa Tengah sedang menyelesaikan pembahasan APBD Jateng 2020 di Badan Anggaran. Selain pagelaran wayang orang, DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah juga menggelar kegiatan lainnya, di antaranya lomba mewarnai wayang untuk anak-anak, flashmob diiringi gending Jawa dan puncaknya pementasan Wayang Kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang. (Kuswandi/Red9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *