BREBES – Para siswa SMA Negeri 1 Brebes, yang menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah berjaya dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar tingkat nasional. Mereka berhasil keluar sebagai juara ketiga, pada lomba yang dilaksanakan di Gedung DPR/MPR Nusantara IV Kompleks Senayan, Jakarta, 3 November lalu.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bagian Humas SMAN 1 Brebes, Wahyudin Zufri mengatakan, apa yang berhasil dicapai para siswanya itu patut syukuri. Menginggat, prestasi yang diraih bukan hal yang mudah dan dari hasil kerja keras yang maksimal. “Ini merupakan prestasi keemasan kami. Sudah beberapa kali ikut LCC, dan tahun ini kita berhasil menjadi juara ke III tingkat nasional,” ujarnya.

Menurut dia, sekolahnya merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam LCC tersebut. Sebelumnya, tim LCC SMAN 1 Brebes yang beranggotakan 10 siswa tersebut berhasil menjadi juara di tingkat kabupaten dan provinsi. “Perjuangan sebelum jadi juara tingkat nasional, kami terlebih dahulu menjadi juara setelah mengalahkan sekolah favorit yang ada di Jateng,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam perlombaan itu, sebagai juara pertama diraih SMAN 1 Tenggarong Kalimantan Timur. Kemudian, posisi kedua diraih SMAN 2 Sampit Kalimantan Tengah dan juara ketiga diraih sekolahnya sebagai wakil Jateng. “Dalam perlobaan ini, juara pertama berhak menerima uang pembinaan sebesar Rp 50 juta, juara kedua Rp 40 juta, dan juara ketiga Rp 30 juta,” sambungnya.

Sementara, guru pendamping tim LCC SMAN 1 Brebes Muhammad Anas Rifa’i menjelaskan, perlombaan tersebut dilaksanakan secara tim. Di mana, setiap timnya berjumlah 10 orang yang merupakan siswa kelas kelas XI dan XII. Sedangkan materi yang dalam lomba terkait Pancasila, Undang-undang 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. “Alhamdulillah dari 34 peserta, kita berhasil masuk tiga besar. Di bawah Kaltim dan Jatim,” ucapnya.

Salah seorang siswa anggota tim LCC SMAN 1 Brebes, M Henry Al H mengaku, senang bisa ikut dalam bagian tersebut. Hal itu juga menjadi pengalaman pertamanya ikut lomba yang dilaksanakan di lingkungan MPR RI. “Meski lelah, saya sangat senang bisa ikut dalam bagian ini. Semoga, ke depan kita bisa menjadi juara di kejuaraan lainnya,” katanya.

(Setiawan-red2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *