Diperbaiki, 4 Hari Jembatan Pemali Ditutup Total

BREBES – Jembatan Sungai Pemali sisi sebelah selatan, di Jalur Pantura Kota Brebes, ditutup total selama 4 hari mulai 8 November nanti. Penutupan itu dilakukan terkait proses perbaikan jembatan yang dilakukan Bina Marga Provinsi Jateng. Sementara bagi kendaraan angkutan barang, seperti truk akan dialihkan melalui Tol Brebes Timur dan Tol Brebes Barat. Sedangkan untuk kendaraan kecil, akan dialihkan melalui jembatan Sungai Pemali sisi sebelah utara.

“Kami saat ini masih melaksanakan tahap persiapan perbaikan. Sesuai rencana, perbaikan Jembatan Pemali ini akan kami mulai Jumat (8/11) mendatang, sampai 4 hari ke depan. Saat perbaikan ini, jembatan akan kami tutup total untuk semua jenis kendaraan,” ujar Konsultan Bina Marga Provinsi Jateng, Mohammad Iqbal, saat ditemui di sela-sela persiapan perbaikan Jembatan Sungai Pemali, Senin (4/11).

Dia menjelaskan, perbaikan Jembatan Sungai Pemali di sisi sebelah selatan itu, dilakukan untuk memperkuat konstruksinya. Perbaikan dilaksanakan pada bagian Camber jembatan dengan sistem eksternal stressing. Akibat faktor usia dan pemakaian, bagian Camber jembatan mengalami penurunan. Hal itu juga disebabkan beban jalur pantura yang cukup berat. Sehingga, kondisi Camber menurun dan harus dinormalkan agar bentuknya kembali melengkung. “Usia Jembatan Pemali di sisi selatan ini, sudah 22 tahun dan dibangun tahun 1997 lalu. Kondisi ini menyebabkan Camber jembatan mengalami penurunan dan perlu dikembalikan kondisinya. Selain itu, perbaikan ini kami lakukan juga untuk memperkuat kondisi jembatan,” jelasnya.

Menurut dia, pekerjaan perbaikan saat ini baru memasuki tahap persiapan. Yakni, dengan pemasangan kabel sling sejumlah 32 buah untuk dua bentangan. Kabel sling tersebut dipasang untuk proses ekternal stressing. Sedangkan proses perbaikannya, akan dilaksanakan pada 8-11 November mendatang. Pihaknya membutuhkan waktu empat hari, karena dalam perbaikan tersebut juga akan dilakukan pengecoran. Sehingga diperlukan juga menunungg umur beton. Tak hanya itu, kondisi jembatan juga harus bebas dari beban. Karena itu, jembatan harus dilakukan penutupan total. “Jadi saat perbaikan nanti, jembatan ini akan kami tutup total bagi semua jenis kendaraan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Brebes untuk penerapan rekayasa lalu lintas,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selama adanya perbaikan jembatan tersebut pihaknya berharap semua pengguna jalan bisa mematuhi pengalihan arus yang diterapkan. Hal itu tidak lain agar proses perbaikan juga bisa selesai tepat waktu. “Kami berharap pengguna jalan bisa mengerti dengan adanya perbaikan ini,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.