Pelanggaran Pemilu Didominasi Caleg

TEGAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tegal dalam Pemilu Serentak 2019 melakukan penanganan sejumlah pelanggaran. Yakni adanya lima calon legislatif (caleg) yang masuk kategori dugaan pelanggaran pidana, dugaan pelanggaran netralitas ASN dalam pemilu yang melibatkan empat ASN dan dugaan pelanggaran kode etik oleh dua penyelenggara pemilu. Hal itu terungkap konferensi pers kepada awak media, Selasa (22/10).

Menurut Ketua Badan Bawaslu Kota Tegal, Akbar Kusharyanto, jumlah total pelanggaran pemilu yang melibatkan caleg, ASN dan penyelenggara pemilu sebanyak delapan kasus. Yakni, lima kasus dugaan pelanggaran pidana saat kampanye pemilu yang dilakukan lima caleg. Kemudian, dua kasus pelanggaran netralitas ASN melibatkan empat ASN dan satu kasus dugaan pelanggaran kode etik dengan dua penyelenggara pemilu sebagai terlapor. ” Sekitar 62 persen kasus dugaan pelanggaran Pemilu 2019, dilakukan para caleg saat masa kampanye pemilu legislatif,” katanya.

Dia mengemukakan, dari total delapan pelanggaran pemilu yang ditangani meliputi lima dugaan pelanggaran pidana terkait politik uang, dua kasus dugaan pelanggaran netralitas ASN, dan satu kasus dugaan pelanggaran kode etik pelaksana pemilu. Bahkan, semua penanganan dugaan pelanggaran tersebut sudah diselesaikan mengacu UU 7/2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu. “Penanganan delapan dugaan pelanggaran pemilu, juga melibatkan tim Penegakan Hukum Terpadu dari unsur Kejaksaan, Kepolisian dan Bawaslu,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Organisasi, SDM dan Data Informasi Bawaslu, Nurbaeni menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 tercatat partisipasi pemilih rata-rata mencapai 74,9 persen. Jumlah tersebut, mengalami pergeseran angka partisipasi dan perolehan suara saat pilkada 2018 serta pemilu legislatif dan pilpres 2019 yang terjadi di dua daerah pemilihan. “Pergeseran partisipasi pemilih, terjadi di Dapil 2 Margadana dan Dapil 3 Tegal Barat,” tandasnya.(Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.