OJK Tegal Gelar Seminar Asuransi 2019

Kepala OJK Tegal, Ludy Arlianto (Foto: SMpantura.com)

TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal menggelar seminar bertajuk Hari Asuransi 2019 sebagai rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan, Selasa (22/10).

Seminar diikuti sedikitnya 250 pimpinan industri asuransi di wilayah eks Karesidenan Pekalongan, dalam acara yang digelar di Aula Gedung C Politeknik Harapan Bersama, Kota Tegal.

Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto berharap, kegiatan seminar ini dapat memberikan arah perkembangan yang lebih baik termasuk bagi industri keuangan nonbank sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan ekonomi bangsa ini.

“Kami mengharapkan masukan dan sharing mengenai pola pengembangan industri keuangan nonbank terutama bagi industri asuransi dalam mendukung pengembangan industri keuangan nonbank secara umum,” terang Ludy dalam sambutannya.

Ludy mengemukakan, industri jasa keuangan secara umum di Indonesia terdiri dari perbankan, industri keuangan nonbank, pasar modal, dan industri jasa keuangan lainnya.

“Seiring berjalannya waktu industri jasa keuangan semakin dapat kita rasakan peranannya dalam memajukan perekonomian nasional,” terang Ludy.

Sebagaimana Master Plan Sektor Jasa Keuangan (MPSJKI) 2015-2019, OJK bercita-cita bahwa sektor keuangan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional (kontributif), menjaga stabilitas keuangan serta menciptakan inklusifitas ekonomi (inklusif).

Program strategis tersebut selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2020 pemerintah. Sampai saat ini, industri asuransi telah menunjukkan kontribusinya terhadap tujuan ini.

“Hal itu dapat dilihat juga dari total aset asuransi komersial yang berjumlah Rp672,11 triliun pada Agustus 2019 (18 Agustus 617,27 T, YoY; 8,88%) sedangkan untuk asuransi umum total aset adalah Rp153,38 Triliun (18 Agustus 140,30 T, YoY; 9,29%),” ungkapnya.

Menurut Ludy, prestasi ini harus diapresiasi di tengah suramnya ekonomi global dan meningkatnya ketegangan geopolitik di beberapa negara. Pasar asuransi harus mempersiapkan diri untuk perubahan yang dinamis dan perilaku pasar. (enn/red4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.