SLAWI – Rumah Sakit Mitra Siaga Tegal di Jalan Pala Raya No.54, Dampyak Tengah, Dampyak, Kecamatan, Kramat, Kabupaten Tegal menggelar aksi sosial berupa donor darah periode XVIII, Sabtu (19/10). Kegiatan tersebut, selain diikuti para karyawan, juga masyarakat dan perwakilan institusi dari swasta / BUMN.

Menurut Direktur RS Mitra Siaga, dokter Wahyu Heru Triyono, M.Kes, tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk membangun kebersamaan antara RS Mitra Siaga, masyarakat , mitra kerja, komunitas masyarakat dalam bentuk kepedulian sosial lewat aksi donor darah. “Diharapkan dengan aksi donor darah ini menggugah kesadaran masyarakat terhadapnya pentingnya melakukan donor darah,” katanya.

Dia mengemukakan, donor darah tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun setetes darah yang didonorkan tentunya sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan. Adapun manfaat dari donor darah untuk kesehatan cukup banyak, seperti menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko kanker, membuat lebih sehat secara psikologis.

Heru menambahkan, dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos. Sementara sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat. “Alhamdulillah dari sekitar 82 peserta yang hadir, sebanyak 71 orang layak untuk sebagai pendonor. Mereka terdiri dari internal 35 orang dan 36 orang dari pendonor eksternal,” katanya.(Wawan Hoed/Red1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *