Target Libatkan 1.000 Pelajar, PDGI Tegal Akan Gelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional

 

TEGAL-Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tegal akan menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Tahun 2019 dengan melibatkan 1.000 siswa sekolah dasar pada 26 Oktober mendatang.

Ketua PDGI Tegal drg. Rani Arumsasi melalui Ketua Panitia BKGN drg. Farrah Juwita Yamin mengungkapkan, dalam kegiatan yang mengusung tema “Pahlawan Senyum” itu diupayakan kampanye mengajak para siswa dan guru untuk tetap menyikat gigi pagi dan malam hari.

Kemudian, lanjut Farrah didampingi penasehat acara drg. Agus Dwi S, rutin periksa gigi enam bulan sekali, serta menjaga kebiasaan makan dan minum yang sehat atau bergizi untuk menjaga kesehatan gigi.

“Tujuan kegiatan ini juga untuk mewujudkan masyarakat yang peduli kesehatan gigi dan mulut guna mendukung tercapainya Indonesia sehat bebas lubang gigi tahun 2030,” kata Farrah.

Dalam kegiatan yang akan dipusatkan di Kabupaten Tegal itu, melibatkan sedikitnya 100 dokter gigi mulai dari Kabupaten Pemalang, Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, serta Brebes.

Ia mengemukakan, sebelum acara 26 Oktober, pihaknya mempersiapkan kader kesehatan dari guru dan siswa sebagai “dokter kecil”. “Mereka kita edukasi, ada tujuh pembiasaan baik. Termasuk menyikat gigi pagi sesudah sarapan, dan malam hari sebelum tidur,” terangnya.

Selain pelatihan, kata Farrah, juga rencananya pada Sabtu 26 Oktober 2019 akan dilaksanakan sikat gigi bersama 1000 siswa siswi dari SD Negeri Kalisapu 04 dan MI Lukman Al Hakim.

Menurut Farrah, sebelum mengikuti kegiatan sikat gigi bersama, para murid akan mengikuti pemeriksaan gigi awal dan akan dipantau selama 21 hari ke depan.

Disebutkan, pemeriksaan kembali itu untuk melihat pola kesehatan gigi dan mulut yang sudah diajarkan, apakah sudah benar-benar diterapkan oleh anak-anak atau tidak.

“Makanya, kita tetapkan 21 hari untuk pemeriksaan kembali, apakah melakukan sikat gigi secara teratur setiap hari atau tidak. Harapannya bisa menjadi kebiasaan baik,” tandasnya. (Setyadi/Red4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.