Komunitas Sepeda Onthel Susuri Rute Perjuangan Rakyat Pekalongan

LEPAS PESERTA NGONTHEL JLAMPRANG : Wakil Walikota Pekalongan, didampingi Penasehat Komunitas Sepeda Onthel Pekalongan, Agung Satria Hermawan, melepas peserta Ngonthel Jlamprang dengan start di Eks Pendopo Pekalongan di Jalan Alun-alun Selatan Kota Pekalongan, Minggu (6/10). Foto : SMPantura/Kuswandi

 

PEKALONGAN – Ribuan komunitas sepeda onthel dari berbagai daerah di Indonesia, menyusuri rute perjuangan rakyat Pekalongan 3 Oktober 1945. Komunitas sepeda onthel dengan berbagai asesoris zaman perjuangan itu, mereka tampilkan dan mampu menarik perhatian warga masyarakat yang dilintasi komunitas tersebut. Bahkan, ada peserta yang menampilkan pakaian ala Presiden Ir Soekarno, dengan sepeda onthel berplat R0-1 Indonesia. Termasuk, kostum ala para pejuang lainnya, mereka kenakan sehingga nuansa masa perjuangan tampak sangat kental sekali.

Dalam acara bertagline Ngonthel Jlamprangan tersebut, mengambil rute dengan start dari Eks Pendopo Pekalongan di Jalan Alun-alun Selatan Kota Pekalongan. Kemudian, melintasi Jalan Hasyim Asyari, Jalan Tondano, Jalan Dr Wahidin, Jalan Agus Salim, Jalan Sultan Agung, Kawasan Budaya Jetayu, Jalan WR Supratman menuju ke kawasan Pelabuhan Pekalongan, dan finish kembali di Alun-alun Kota Pekalongan. Secara simbolis pemberangkatan onthel dilepas oleh Wakil Walikota Pekalongan, Penasehat Komunitas Onthel Pekalongan Agung Satria Hermawan, serta Kapolsek Pekalongan Timur Kompol Junaidi. Acara sendiri dimeriahkan panggung hiburan serta beragam door prize menarik.

Menurut Penasehat Komunitas Sepeda Onthel Pekalongan, Agung Satria Hermawan, Onthel Jlamprang dilaksanakan dalam rangka mengenang maupun napak tilas perjuangan Rakyat Pekalongan dalam mengusir Jepang dan merebut kekuasaan setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan Ir Soekarno pada Perjuangan 3 Oktober 1945 lalu. Dikatakan, sejarah itu meski harus diketahui generasi penerusnya, sehingga semangat perjuangan itu harus tetap dimiliki oleh kita semua.

“Nilai-nilai maupun semangat perjuangan harus terus digelorakan. Para pejuangan, tentu sudah berkorban jiwa dan raganya, sebagai generasi penerusnya, dapat mengambil nilai-nilai dimaksud dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Agung Satria Hermawan, yang juga Ketua DPC PDI-P Kota Pekalongan dan Anggota DPRD Provinsi Jateng Fraksi PDI-P itu. Dijelaskan, antusiasme peserta sangat luar biasa. Itu dibuktikan dengan kehadiran ribuan komunitas sepeda onthel dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti dari Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogjakarta, serta berbagai daerah lainnya. Pihaknya mengapresiasi suksesnya acara dimaksud, sehingga semua bisa kumpul bersama menjalin tali persaudaraan dan persatuan kesatuan antar komunitas sepeda onthel dari berbagai daerah. (Kuswandi/Red9).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.