Potensi Kebakaran di Musim Kemarau Masih Tinggi, Warga Diimbau Waspadai Sumber Api

Petugas memadamkan api di lahan kawasan Obyek Wisata PAI Kota Tegal, Kamis (3/10/19) (foto: dok BPBD/Damkar/smpantura.com)

 

TEGAL-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal mencatat, dalam kurun waktu Agustus-September 2019 setidaknya ada 13 peristiwa kebakaran di Kota Bahari.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal Andri Yudi Setiawan mengatakan, tingkat potensi kebakaran lahan, gedung atau perumahan masih sangat tinggi di tengah musim kemarau ini.

“Mengingat masih berlangsungnya musim kemarau pada tahun 2019 yang diperkirakan oleh BMKG sampai dengan minggu kedua bulan November ini,” kata Andri Yudi yang juga Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat  dan Pemadam Kebakaran Satpol PP.

Menurut pria yang akrab disapa Yudi ini, musim kemarau pada tahun 2019 ini tergolong ekstrem. Hal itu menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran.

“Kejadian kebakaran baik lahan dan gedung atau pemukiman pada bulan Agustus-September kemarin sebanyak 13 kejadian. Pemicu kebakaran sebagian besar adalah pembakaran sampah sembarangan oleh warga dan kosleting listrik,” ungkap Yudi.

BPBD Kota Tegal, kata dia, telah berkoordinasi dengan seluruh Kapolsek, Danramil, Camat dan seluruh Lurah se-Kota Tegal. Hal itu dilakukan untuk bersinergi melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan terjadinya kebakaran.

Warga juga diimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan, serta tidak membuang puntung rokok sembarangan.  “Masyarakat juga kami imbau untuk melakukan cek instalasi listrik di gedung atau rumah, berhati-hati terhadap sumber-sumber api di dalam rumah seperti kompor, lilin, obat nyamuk bakar, dan lainya,” terangnya.

Yudi juga meminta warga sigap dalam melaporkan apabila melihat kebakaran ke Kantor BPBD atau ke petugas Pemadam Kebakaran.  “Dengan nomor Pemadam Kebakaran (0283) 325429,  BPBD Kota Tegal (0283) 324233, dan Kantor Pusdalops-PB (0821-2525-8886).” (Setyadi/Red4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.