Ribuan Lansia Ikuti Puncak Peringatan HLUN Tingkat Kota Tegal

TEGAL – Pemerintah Kota Tegal melalui Dinas Sosial Kota Tegal menggelar peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 23 tahun Tingkat Kota Tegal di Kompleks Balai Kota Tegal, Minggu (22/9) pagi. Kegiatan yang diawali dengan apel peringatan HLUN yang dipimpin oleh Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono dihadiri oleh ribuan lansia.

Dalam apel tersebut H. Dedy Yon Supriyono menyampaikan dengan diselenggarakan peringatan HLUN tersebut agar semua selalu mengingat, menghargai dan menghormati orang yang sudah lanjut usia.

‘’Rasa hormat kepada lansia bukan saja sebagai bagian dari budaya bangsa. Lebih dari itu juga sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia,’’ papar H. Dedy Yon Supriyono.

Walikota menambahkan bahwa para lanjut usia adalah pemelihara sekaligus pewaris budaya bangsa kepada dua generasi sesudahnya.

‘’Ini merupakan salah satu bukti nyata pemerintah telah hadir unuk masyarakat khususnya dalam memperhatikan lanjut usia. Ketika usia sudah memasuki senja, ada dua hal yang menjadi tantangan, fisik yang sudah melemah dan secara mental perlu ada perhatian khusus dari yang lebih muda. Untuk itu, program seperti posyandu lansia terus dilaksanakan di Kota Tegal. Ini penting agar secara teratur lansia mendapatkan pelayanan kesehatan dan dikontrol kondisi fisiknya oleh dokter maupun tenaga medis dan kesehatan lainnya,’’ papar H. Dedy Yon Supriyono.

Selain apel peringatan HLUN tingkat Kota Tegal, kegiatan lain seperti senam untuk lansia, pemeriksaan kesehatan gratis serta talk show kesehatan oleh doktor dr. Said Baraba di Gedung Adipura Kota Tegal.

Muhamad Jumadi selaku Wakil Walikota Tegal sekaligus Ketua Komda Lansia Kota Tegal dalam isi sambutannya menyampaikan HLUN tahun ini menghadirkan orangtua dari Walikota, Wakil walikota, Staf Ahli, Pjs Sekda, Assisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Tegal.

‘’Hal ini dimaksudkan agar dapat memperkenalkan lingkungan kerja seorang anak kepada orangtua sehingga ada kebanggaan tersendiri bagi para orangtua yang telah mengantarkan kesuksesan anaknya menjadi pejabat di Pemda Kota Tegal. Acara talkshow ini akan memberikan motivasi kepada bapak ibu lanjut usia untuk hidup lebih sehat melalui pola hidup dan gaya hidup yang sehat sehingga dapat hidup sejahtera dan mandiri.’’ ujar Muhammad Jumadi.

Dalam kesempatannya orang tua dari Walikota Tegal yaitu H.Muhadi Setiabudi berserta istri Hj. Ati Setiabudi dan orang tua dari Wakil Walikota Tegal yakni Kol. (Purn) H. Gunadi berserta istri Hj. Tuti Astiyah memberikan nasehat dan motivasi agar terus aktif dan produktif di usia lanjut. (Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.