350 Relawan Dikerahkan, BPBD Butuh Bantuan Alat Dapur Umum

  • Tangani Kebakaran Hutan di Kaliwadas

BREBES – Sebanyak 350 relawan dari berbagai unsur dikerahkan dalam upaya pemadamkan kebakaran hutan di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Dukuh Kaliwadas Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, kemarin. Sementara, untuk memenuhi konsumsi ratusan relawan itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes membutuhkan bantuan alat dapur umum. Sebab, peralatan yang dimilik hanya mampu menyediakan makan bagi 100 orang.

Kebakaran hutan di lereng gunung Slamet hingga saat ini dilaporkan belum bisa dipadamkan. Ratusan relawan dari berbagai unsur masih berjibaku mengatasi kobaran api agar tidak meluas. Bahkan, kobaran api terus menjalar. Untuk melokalisir kobaran api, ratusan relawan diterjunkan di lokasi kebakaran. Hanya saja, penanganan kebakaran ini tekendalal minimnya alat dapur umum.

“Peralatan kami memang lengkap. Hanya saja untuk memenuhi kebutuhan makan seluruh relawan kurang mampu. Kami butuh bantuan dari pihak lain seperti Dinsos dan PMI,” ujar Dasirin, Kasi Logistik dan Peralatan BPBD Brebes.

Ditemui di Posko Mandir Siaga Gunung Slamet Dusun Kaliwadas Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampok, Dasirin lebih lanjut menerangkan, peralatan dapur umum milik BPBD Brebes saat ini sudah dikerahkan untuk membantu membuat makanan para relawan. Untuk membuat makanan bagi relawan, petugas harus tiga kali masak. “Jika ada tambahan alat dapur umum, saya kira proses pembuatan makanan akan lebih cepat,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hutan di lereng Gunung Slamet wilayah Kabupaten Brebes terbakar, Selasa (17/9) sore.  Hingga Rabu (18/9), upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim gabungan. Berdasarkan data dihimpun, lokasi kebakaran terjadi di kawasan hutan lindung Pos 3 Pendakian Gunung Slamet di sisi timur Dukuh Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Api diketahui warga pada sore hari sekitar pukul 15.00 dan langsung dilaporkan ke petugas Perhutani. Mendapat laporan tersebut, petugas Perhutani, Satgas BPBD, TAGANA dan Relawan Sirampog peduli (RSP) bersama masyarakat menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

(setiawan-red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.