Hutan Lereng Gunung Slamet di Sirampog Terbakar

BUMIAYU– Hutan di lereng Gunung Slamet wilayah Kabupaten Brebes terbakar, Selasa (17/9) sore.  Hingga Rabu (18/9), upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim gabungan.

Berdasarkan data dihimpun, lokasi kebakaran terjadi di kawasan hutan lindung Pos 3 Pendakian Gunung Slamet di sisi timur Dukuh Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. Api diketahui warga pada sore hari sekitar pukul 15.00 dan langsung dilaporkan ke petugas Perhutani. Mendapat laporan tersebut, petugas Perhutani, Satgas BPBD, TAGANA dan Relawan Sirampog peduli (RSP) bersama masyarakat menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

Danramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes Kapten Inf Mukhrodi mengatakan penyebab kebakaran dan luasan areal yang terbakar belum bisa dipastikan. Hingga Rabu (18/9), tim gabungan dari unsur Perhutani, Satgas PD BPBD, TAGANA, Koramil, Polsek, Relawan Sirampog peduli, ormas PP dan masyarakat masih melakukan pemadaman. Menurut Danramil, upaya pemadaman dilakukan dengan membuat sekat atau sistem parit di area sekitar hutan yang terbakar. Langkah ini bertujuan untuk menghambat api agar tidak meluas.

Sekadar diketahui, kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet wilayah Kabupaten Brebes ini merupakan kali kedua di bulan September. Sebelumnya, kebakaran terjadi pada Kamis (5/9) di hutan Perhutani BKPH Pekalongan Barat pada petak 15 F, sebelah timur Dukuh Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog. (Teguh Tribowo/Red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.