Sidang Lanjutaan Korupsi TPA Bokong Semar, Jaksa Hadirkan 12 Saksi

Warga melintasi akses jalan menuju lahan yang akan dibangun TPA Bokong Semar di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana (smpantura.com/Setyadi)

 

TEGAL-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota Tegal telah menghadirkan 12 saksi dalam sidang mantan Sekda Kota Tegal, Edi Pranowo (EP), terdakwa kasus korupsi TPA Bokong Semar, di Pengadilan Tipikor Semarang.

“Dalam sidang EP ada 12 saksi yang sudah kami hadirkan,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Kota Tegal, Roni SH, Selasa (10/9/2019).

Roni mengemukakan, dalam proses persidangan yang digelar terakhir Rabu (4/9/2019) pekan lalu, saksi di antaranya memberikan keterangan bahwa EP, Sekda periode 2018-2013 itu menerima uang sebesar Rp 75juta.

“Dalam keterangan yang disampaikan beberapa saksi, EP mengakui menerima uang Rp 75 juta. Keterangan saksi tidak hanya ke EP namun ke yang lain,” kata Roni.

Diungkapkan Roni, dalam kasus korupsi tukar guling lahan berbentuk Bokong Semar di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana itu, menurut taksiran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), negara mengalami kerugian hingga Rp 35 miliar.

Selanjutnya, kata Roni sidang rencananya akan kembali dilanjutkan pada Rabu pekan depan di Pengadilan Tipikor Semarang dengan agenda tuntutan, sebelum masuki agenda pledoi (pembelaan) dan putusan. Sementara terdakwa Edi saat ini dititipkan di Lapas Kelas IIB Kota Tegal.

“Rabu besok (hari ini) kemungkinan sidang ditunda. Kita masih siapkan materi tuntuan. Kemungkinan sidang kembali digelar Rabu pekan depan,” pungkas Roni. (Setyadi/Red4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.