Polres Tegal Kota Tingkatkan Patroli Malam Hari

* Persempit Ruang Gerak Pelaku Kriminal

TEGAL – Situasi aman dan kondusif di Kota Tegal dalam beberapa pekan terakhir, tak menyurutkan perhatian di sisi keamanan. Jajaran Polres Tegal Kota kini justru meningkatkan kewaspadaan. Termasuk patroli gabungan malam hari hingga subuh, juga ditingkatkan.

Patroli gabungan dengan menerjunkan kendaraan sepeda motor trail dan mobil backbone milik Sat Sabhara dan Polsek, serta mobil patroli dan pengawalan (Patwal) Sat Lantas, diawasi langsung personel Provos.

Tiap personel dilengkapi senjata api, dan rompi antipeluru, menyusuri sejumah ruas jalan di kota dan lokasi rawan tindak kejahatan, dilakukan secara bergantian. Kemudian didukung patroli dari personel yang bertugas di empat Polsek.

”Ini demi terus menjaga situasi aman dan kondusif. Juga antisipasi terhadap berbagai tindak kejahatan. Kami lebih baik siap siaga. Bila ada personel polisi yang siaga, tentu masyarakat akan merasa aman. Sitiuasi keamanan juga terus terjaga,” Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, didampingi Kabag Ops Kompol Mandala.

Menurut dia, aksi kejahatan dapat terjadi setiap saat. Pelaku tindak kejahatan akan selalu mencari peluang untuk menjalankan aksinya. Karena itulah keberadaan patroli juga untuk mempersempit ruang gerak pelaku kriminal atau terjadinya berbagai tindak kejahatan.

Perlu Perhatian

Berbagai tindak kejahatan yang perlu mendapat perhatian, antara lain, mulai dari tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan (Curat) seperti curanmor, jambret maupun pencurian dengan kekerasan (Curas) seperti penodongan atau perampokan.

Meski ada upaya mengantisipasi berbagai tindak kejahatan atau gangguan keamanan lainnya, dukungan dari masyarakat perlu dilakukan. Seperti perlunya menggiatkan Siskamling di tingkat RT atau perkampungan.

Kegiatan ronda malam yang dilaksanakan warga, dinilainya sangat membantu terciptanya suasana keamanan lingkungan permukiman yang aman dan kondusif. ”Jadi dukungan masyarakat sangat penting. Tidak semata mengandalkan patroli keamanan dari aparat kepolisian,” terang Kabag Ops Kompol Mandala.

Dia menilai, kegiatan siskamling dengan ronda malam, atau di tiap pintu masuk kampung dipasang portal, sudah cukup banyak dilaksanakan warga. Ada yang menggunakan sistem bergantian untuk warga yang melaksanakan ronda.

Ada pula warga di perkampungan, yang iuran untuk membayar petugas ronda tiap malamnya. Kedua sistem atau cara pengamanan seperti itu dinilai cukup baik, dan sangat membantu keamanan lingkungan.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.