Kucurkan Rp 4 Miliar, Pemkot Tegal Mulai Bangun TPA Bokong Semar

Warga setempat menunjukan lahan yang akan dibangun TPA di Kelurahan Kaligangsa Kecamatan Margadana, Selasa (3/9/2019) (smpantura.com)

 

TEGAL-Setelah sempat mangkrak beberapa tahun karena tersandung kasus hukum, pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di lahan berbentuk mirip bokong Semar di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, kembali dilanjutkan.

Pemkot Tegal mengucurkan Rp 4 miliar untuk tahap awal pengurugan 2 hektare lahan dari luas total 15 hektare. Pengerjaan yang dikerjakan pihak ketiga dimulai awal September hingga 15 Desember 2019.

“Ya mulai pematangan lahan, Rp 4 miliar untuk pengurugan luas dua hektare. Targetnya tahap awal selesai pertengahan Desember,” kata Kabid Pengelolaan Perdampahan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Haryoto, Selasa (3/9).

Haryoto mengemukakan, TPA agar bisa mulai dioperasionalkan, lahan yang semula sawah yang terdegradasi akibat intrusi air laut itu membutuhkan setidaknya Rp 180 miliar.

Anggaran sebesar itu untuk mengurug total 10 hektare berikut pembangunan sarana dan prasarana penunjang. “Kalau luas 15 hektare, tapi paling tidak 10 hektare sudah matang dengan anggaran Rp 130 miliar, sisanya untuk pembangunan fasilitas kantor dan lain-lain,” terangnya.

Menurut Haryoto, pembangunan TPA dipastikan akan terus berjalan. Perihal terbatasnya anggaran, saat ini  telah mengajukan bantuan ke Pemprov Jateng dan Pemerintah Pusat.

“Kita sudah usulkan. Tapi dari sananya minta kita selesaikan pematangan lahan. Dan, kalau anggaran turun, targetnya, TPA bisa digunakan mulai tahun 2022,” pungkasnya. (Setyadi/Red4)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.