Dua ”Bajing Loncat” Jalingkut Tegal Disergap

* Tujuh Kali Sikat Truk Gandeng Muatan Jagung Pipilan

TEGAL – Dua pria yang kerap beraksi sebagai ”Bajing Loncat”, di jalur lingkar utara (Jalingkut) Kota Tegal, sejak Juli hingga akhir Agustus 2019, disergap Tim Khusus Unit Reskrim Polsek Tegal Barat.
Keduanya disergap, ketika diduga tengah mencuri Jagung pipilan (Pocelan) dalam karung, dari truk gandeng G-1759-AE, dan memindahkannya ke mobil Dhaihatsu pikap biru dongker G-17

DIGIRING RESKRIM : Dua ”Bajing Loncat” yang disergap, saat digiring personel Unit Reskrim Polsek Tegal Barat menuju ke ruang penyidikan.(Foto : Riyono Toepra/smpantura.com-red07)

50-SE. Kejadian itu terjadi di sekitar kawasan Pelabuhan Perikanan Tegalsari atau Pelabuhan Jongkor, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, sekitar pukul 02.30, Minggu (1/9).
”Jadi penyergapan ini setelah ada laporan sopir truk gandeng G-1759-AE, Takrib (54), warga Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, ke personel Unit Reskrim sektor kepolisian tersebut. Kok, muatan jagung pipilan ini dari 10 ton berkurang hingga dua sampai tiga ton,” terang Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi MKes, didampingi Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng, Selasa (3/9).
Takrib menuturkan, setiap kali mendapat order pengiriman barang berupa jagung pipilan dari pengepul di Weleri, Kendal ke Cirebon, jumlahnya selalu atau berkurang dari jumlah yang tercatat saat barang akan dikirim, dan sampai di penerimanya di Cirebon, Jabar. Kejadian itu sudah berkali ulang terjadi hingga tujuh kali.
Pemilik barang yang menjadi korban pencurian, Toni Jafar (39), warga RT 2 RW 3, Dusun Kidul, Desa Truko, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Tegal, juga menegur sopir truk gandeng tersebut. Mengapa jagung pipilan yang dikirim ke Cirebon, jumlahnya selalu berkurang.
Mengembangkan Penyidikan
Kapolsek Tegal Barat Kompol Sugeng, yang mendengar semua keluhan dan laporan itu, langsung memerintah Panit 1 Unit Reskrim Iptu Bambang Sridiartono dan Panit 2 Aiptu Rustam Suwardi, beserta personel reserse lainnya, mengembangkan penyidikan atas laporan tersebut.
Hasil pengembangan penyidikan, muatan jagung pipilan selalu berkurang, ketika truk gandeng itu diparkir di Jalingkut. Kemudian sopirnya pulang untuk istirahan dan esok harinya baru dilanjutkan mengirim barang tersebut ke Cirebon, Jabar.
Dari data lapangan itu, akhirnya sopir diminta memberitahu ketika akan mengirim barang lagi ke Cirebon dan truknya diparkir di pinggir Jalingkut. ”Saat itulah, Unit Reskrim Polsek Tegal Barat melakukan pengintaian,” terang Kompol Sugeng.
Saat pengintaian, memergoki truk gandeng bermuatan jagung pipilan 10 ton, telah berpindah tempat ke Jl Jongor di Kawasan Pelabuhan Jongor Tegal. Di lokasi tersebut diketahui ada dua orang tengah memindahkan karung berisi jagung dari truk gandeng ke mobil pikap Dhaihatsu Grandmax warna biru dongker.
Langsung Disergap
Tak ingin membuang waktu berlama-lama, dua bajing loncat itu pun langsung disergap, dan diamankan di Mapolsek Tegal Barat. Dari dua orang yang disergap, satu orang ternyata kernet sopir truk gandeng itu, Saknan (34). Kemudian satu orang lagi rekannya bernama Tohir (34).
Keduanya berasal dari Desa Belik, Kabupaten Pemalang. Menurut keterangan penyidik, keduanya telah menikah dengan warga Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.
Menurut Kapolres Tegal Kota, kedua pelaku yang telah menguasai situasi lokasi di Jalingkut Kota Tegal, memanfaatkan kelengahan sopir truk gandeng, untuk mencuri muatan jagung itu.
Akibat perbuatan keduanya, korban mengalami kerugian materi sekitar Rp 45.391.500. Dengan perhitungan, jumlah jagung yang dicuri sejak Juli hingga akhir Agustur sebanyak 10 ton.
Untuk pengembangan penyidikan, penyidik Unit Reskrim Polsek Tegal Barat, selain menahan dua ”Bajing Loncat” itu, juga sejumlah barang bukti lainnya. Antara lain, truk gandeng G-17-59-AE beserta muatan jagung. Dhaihatsu Grandmax pikap biru dongker G-1750-SE dan muatan 14 karung jagung pipilan hasil curian. Kemudian handphone merek Advan dan merek Nokia warga hitam.(Riyono Toepra-red07)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.