Warga Geger Buaya Muncul di Kali Comal

PEMALANG – Buaya penghuni Kali Comal yang selama ini dikenal hanya mitos baru-baru ini diduga menampakkan diri. Warga di tepian kali geger lantaran kemunculan predator tersebut.

Buaya muncul di Kali Comal masuk Desa Kauman, Kecamatan Comal pada malam hari. Kemunculan buaya sempat difoto warga dan dibagikan ke media sosial namun gambarnya tidak tampak jelas. Kepala Desa Kauman, Fuad memberikan klarifikasi mengenai kemunculan buaya di Kali Comal tersebut.

“Saya sudah menerima laporan dari Kepala Dusun mengenai kemunculan buaya di Kali Comal,”kata Fuad.

Sementara itu Sekcam Comal Syamsul Dewantara setelah mengetahui kabar kemunculan buaya di Kali Comal itu langsung mencari informasi.”Saya menggali informasi ada yang membenarkan namun ada juga yang masih ragu-ragu,”kata Sekcam.

Terpisah Komandan Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Erwin Ediyanto Era Praja menjelaskan kemunculan buaya di Kali Comal terjadi beberapa kali. Ada pemancing yang melihatnya pada malam hari namun ada juga warga yang melihat pada sore hari.

“Bahkan warga di seberang Kali Comal Kauman yaitu yang masuk Desa Jatirejo, Kecamatan Ampelgading sudah mengingatkan anak-anaknya untuk tidak bermain apalagi mandi di sungai sebab pernah ada kejadian suara gemuruh ombak dari sungai dan ketika dilihat ada seekor buaya,”jelas Erwin, Senin (2/9). Lokasi kejadian lanjut Erwin di bekas galian pasir Gang Mawar 4.

Kejadian lanjut dia pada sore hari dan buaya yang muncul diperkirakan memiliki panjang sampai empat meter dengan jumlah lebih dari dua ekor. Saat buaya itu muncul sempat ada yang memotret namun gambarnya tidak jelas.

Mengenai keberadaan buaya Kali Comal ini ada cerita turun temurun yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat. Pada zaman penjajahan Belanda buaya Kali Comal berhasil ditangkap dan dibunuh lantaran mengganggu warga di sekitar Desa Pesantren, Kecamatan Ulujami. Saat itu buaya yang tertangkap diangkut menggunakan dua buah gerobak sapi atau memiliki panjang lebih kurang delapan sampai 10 meter.

Sementara itu sampai sekarang cerita buaya Kali Comal masih menjadi mitos saja sebab belum ada bukti-bukti. Kebanyakan hewan melata yang ada di sungai tersebut adalah biawak.

(Ali Basarah/ red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.