Perempuan 27 Tahun Kesengsem Kakek 83 Tahun

SENYUM kakek 83 tahun, Sudirgo yang dikenal dengan Mbah Dirgo warga Desa Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, merekah saat menyerahkan mas kawin uang segepok kepada calon istrinya, Nuraeni warga Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, di kediaman Mbah Dirgo pada Minggu (18/8). Bahkan, Mbah Dirgo yang dikenal orang pintar itu, terus tersenyum lebar ketika mencium kening perempuan berusia 27 tahun tersebut.

Nuraeni yang akrab disapa Mba Nur pun terlihat bahagia yang mengenakan pakaian pengantin berwarna kuning itu. Kendati lebih banyak diam, namun raut kebahagian terpancar di wajah wanita berparas cantik tersebut. Pernikahan Mbah Dirgo dan Mba Nur yang viral di medsos sejak diunggah setelah pernikahan, dihadiri kedua belah pihak keluarga. Kendati tidak meriah, namun acara ijab kabul berlangsung hikmat.

“Awalnya Nuraeni bersama orangtuanya datang untuk meminta doa sekitar bulan Juli 2019. Dari situ sering datang kerumah,” kata Mbah Dirgo saat ditemui di kediamannya dengan mengenakan baju putih mengawali cerita perjalanannya bersama Mba Nur, Senin (19/8).

Awal perjumpaan itu, berlanjut beberapa kali hingga akhirnya memutuskan untuk menikah. Namun, Mbah Dirgo mengaku heran kenapa Mba Nur suka dan menikah dengannya yang sudah berusia lanjut. Padahal, Mbah Dirgo sudah menyarankan untuk mencari lelaki lainnya yang lebih muda.

“Tapi Mba Nur tidak mau, maunya sama saya,” ujar Mbah Dirgo dengan tersenyum.

Sudirgo yang bahkan sudah memiliki delapan (8) buyut itu nampaknya mulai tumbuh perasaan dengan perempuan kelahiran 1992 itu. Tanpa butuh waktu lama, mereka berdua pun akhirnya langsung melaksanakan pernikahan pada Minggu (18/8).

“Keluarga juga semuanya setuju, baik dari keluarga saya maupun menantu. Ya udah langsung ke jenjang pernikahan. Anak-anak saya juga pada setuju. Ga ada penolakan meski terpaut usia yang sangat jauh,” beber Sudirgo didampingi istri barunya itu.

Sementara, Nuraeni mengaku bahwa dirinya memang menyimpan perasaan sejak awal kali bertemu. Bahkan, dia sendiri yang mengajak duluan Sudirgo agar segera dinikahi meski terpaut usia sangat jauh. Nuraeni sendiri kerap dimintai pertimbangan oleh anak-anak Sudirgo terkait selisih usia yang terlampau amat jauh.

“Ya sebenarnya anak-anak suami saya (Sudirgo) sudah menanyakan berkali-kali. Mereka heran kenapa tidak mencari pasangan yang seusia atau sepantaran, namun saya tetap teguh suka sama kakek (Sudirgo),” cerita Nuraeni.

Dalam riwayatnya, Sudirgo mengaku sudah empat (4) kali menikah. Sudirgo menyebut pernikahan pertamanya berlangsung pada Tahun 1957, kala usianya masih 20 tahun. Karena berpisah atau cerai, Sudirgo kembali menikah di tahun 1980. Selanjutnya, istri kedua yang dinikahi Sudirgo meninggal dunia. Pada tahun 1993, Sudirgo kembali menikah dengan wanita lain.

Sang anak dari istri pertama, Sutarti (51) menyebut bahwa istri ketiga yang dinikahi bapaknya meninggal dunia pada tahun 2013. Selama enam tahun melajang, kata Sutarti, akhirnya bapaknya menikah lagi di tahun 2019.

“Bapak saya menikah dengan Nuraeni kemarin. Itu pernikahan yang keempat kalinya,” tutur Sutarti, anak bungsu dari istri pertama Sudirgo.

Sutarti sebenarnya telah berulangkali menasehati Nuraeni perihal selisih usia yang sangat jauh apabila benar-benar menikah. Bahkan, Sutarti pun sering menyarankan supaya Nuraeni mencari pasangan yang sepantaran dengan usianya. Namun karena sudah terlanjur cinta, Nuraeni kian mantap memilih Sudirgo sebagai pasangan hidupnya.

“Saya sudah sering kasih pertimbangan. Tapi dia (Nuraeni) tetap keukeh ingin nikah sama bapak saya. Bahkan, dia tidak mau nikah sama pria lain, maunya hanya sama bapak saya,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, bahwa bapaknya memang dianggap orang pinter oleh warga sekitar. Bahkan, tak sedikit warga yang mendatangi dan meminta untuk didoai oleh Sudirgo agar segala urusannya dilancarkan.

“Ya, Kades-kades dari tetangga juga banyak yang ke sini untuk minta didoai. Tapi bukan berarti, Nuraeni jatuh cinta ke bapak saya karena itu,” kata Sutarti yang juga seorang guru SD di desa tersebut. (Wiwit/red05)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.