Tari Tobelo Meriahkan Peringatan HUT ke-74 RI

PEMALANG – Tari Tobelo ikut memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 RI di alun-alun Moga, kemarin. Tarian khas Pulau Halmahera itu ditarikan oleh seluruh peserta upacara.

Panitia HUT, Kistiyadi mengatakan tari Tobelo ditarikan secara massal sebagai hiburan bagi masyarakat dalam merayakan Proklamasi Kemerdekaan.”Tarian dilakukan oleh seluruh peserta upacara termasuk forum pimpinan Kecamacan (Forpinca) terdiri atas Camat, Danramil dan Kapolsek,”kata Kistiyadi.

Kemudian tamu undangan juga ikut turun ke lapangan antara lain ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana dan Bhayangkari. Selain itu seluruh anggota Pasukan Pengibar Bendera yang baru melaksanakan tugas juga ikut bergabung meliuk-liuk menarikan tari tradisional tersebut.

Camat Moga Andri Adi mengatakan terharu dengan hadirnya masyarakat untuk mengikuti upacara detik-detik Proklamasi.”Tidak hanya para pelajar dan organisasi masyarakat serta kepemudaan namun masyarakat umum juga ikut menyaksikan upacara,”kata Camat. Dalam kegiatan di sana juga hadir anggota DPRD, Syafii yang menjadi petugas pembaca pembukaan UUD 1945.

Upacara detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine, genderang dan petasan. Suara petasan besar ini mirip sekali dengan suara meriam sehingga detik-detik proklamasi yang berlangsung selama dua menit serasa mencekam laksana suasana perang. Apalagi dentuman mirip meriam dilakukan sebanyak 17 kali dan suara bunyi-bunyian terdiri atas 45 jenis sumber suara.

Sementara itu peringatan HUT ke-74 RI rangkaiannya diawali dengan wungon (selamatan). Wungon ditandai dengan penyerahan bambu runcing sebagai simbol estafet kepemimpinan dari generasi tua kepada generasi muda. Generasi tua diwakili oleh DHC 45 yang sekaligus membacakan renungan kisah perjuangan.

Kemeriahan lainnya adalah lomba gerak jalan komedi untuk menghibur masyarakat, lomba panjat pinang dan lomba tumpeng. Untuk lomba tumpeng terdapat 74 peserta atau jumlahnya sama dengan usia Indonesia. Adapun juara I, II dan III lomba tumpeng antara lain SD 2 Banyumudal, Perhutani Moga dan Polsek Moga.

(Ali/red3)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.