Damkar Evakuasi Motor Masuk Jurang

BOJONG – Pemadam Kebakaran (Damkar) tak hanya semata-mata menangani kebakaran, namun juga bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam segala hal. Termasuk, yang dilakukan Damkar Kabupaten Tegal melakukan evakuasi kendaraan bermotor yang masuk jurang di Jalan Raya Tuwel-Guci, Kecamatan Bojong, Minggu pagi (17/8) pukul 00.13. Damkar mengevakuasi kendaraan tersebut di kedalaman jurang sekitar 25 meter.

Informasi di lapangan, seorang petugas Damkar Kabupaten Tegal, Febri saat melintas di Jalan Raya Tuwel-Guci tepatnya di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong melihat seorang pengendara yang tergeletak di pinggir jalan. Pengendara itu diketahui telah mengalami kecelakaan tunggal akibat terpeleset saat mengendarai. Dengan pengalaman sebagai petugas Damkar, Febri melakukan pertolongan pertama terhadap korban kecelakaan yang mengalami luka berat tersebut. Setelah dilakukan pertolongan, Febri menghubungi Pos Damkar di Bojong untuk melakukan evakuasi kendaraan yang masuk jurang.

“Saya berinisiatif melaporkan ke Pos Damkar untuk membantu mengevakuasi, karena itu salah satu tugas Damkar juga,” kata Febri.

Dikatakan, evakuasi kendaraan dilakukan sejumlah petugas Damkar dengan mengikatkan dua buah selang. Setelah terikat, mobil Damkar menarik kendaraan tersebut. Kendati cukup susah untuk mengangkat kendaraan tersebut, namun petugas berhasil mengangkat kendaraan dengan memakan waktu sekitar 1 jam.

“Kami mengantarkan korban ke rumah sakit terdekat untuk tindaklanjut pertolongan, dan kendaraan diserahkan Polsek Bojong,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Berlian Adjie melalui Kabid Damkar dan Linmas, Kusnadi menuturkan, tugas Damkar memang tidak sebatas memadamkan kebakaran, tapi juga bertugas melakukan pertolongan terhadap masyarakat yang membutuhkan. Mengevakuasi kecelakaan yang terjadi di Tuwel, memang bagian dari tugas dan fungsi Damkar.

“Semoga keberadaan Damkar bisa terus membantu masyarakat,” katanya. (Wiwit/red05)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.