Stadion Mochtar Direnovasi, Shalat Id Geser Tempat

PEMALANG – Warga Kota Pemalang yang biasa melaksanakan ibadah shalat Id di stadion Mochtar, pada shalat id Idul Adha kemarin tak bisa melakukannya di lokasi tersebut. Sebab stadion Mochtar tengah direnovasi.

Lokasi sholat Id akhirnya digeser ke tanah lapang di sebelah aula SMA 1 Pemalang, Minggu (11/8). Shalat Id dipimpin imam shalat ustad Salman Musthofa Mahmud Adam dengan khatib ustad Abu Yusuf Alhajari keduanya dari Tegal.

Yusuf dalam khutbahnya mengatakan kaum muslimin di seluruh belahan dunia, berbondong-bondong mendatangi tanah lapang dan masjid-masjid dengan tujuan untuk melaksanakan shalat Id dalam rangka tunduk dan sujud menyembah Allah.

Di bulan ini ada satu peristiwa penting yaitu perintah Allah kepada nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya, Ismail. Kemudian peristiwa ini diabadikan sehingga di syariatkan kepada umat nabi Muhammad untuk menyembelih hewan kurban.

“Kurban adalah kurban secara istilah, adapun kurban secara bahasa adalah bahwasanya hidup kita harus senantiasa berkurban baik harta maupun tenaga bahkan mengurbankan segenap kemampuan yang ada pada diri kita untuk meredam hawa nafsu yang senantiasa mengajak pada kemungkaran demi mencapai ridha Allah,”kata Yusuf.

Apalagi di zaman sekarang yang penuh dengan fitnah, banyak manusia yang karena terdorong rasa emosi sehingga terjadi kerusuhan, demontrasi dan orasi menghujat pemerintah. “Semestinya kita harus menahan diri bersabar demi ketenteraman, kedamaian untuk mencapai ridha Allah,”ujar Khatib.

(Ali Basarah/ Red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.