Teater Detak SMA N 1 Kota Tegal, Wakili Jateng Maju ke Tingkat Nasional

TEGAL – Teater Detak dari SMA N 1 Kota Tegal akan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional dalam festival teater yang akan dilaksanakan pada, 27-30 Agustus 2019 di Taman Budaya Jawa Barat, Kota Bandung. Hal itu disampaikan guru kesenian, SMA N Kota Tegal, Rudiyanto Iteng, Minggu (11/8).

Menurut dia, sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Bahasa Jawa Tengah, Berkerjasama dengan Dewan Kesenian Kota Tegal, menggelar program kegiatannya Festival Sastra Indonesia yang berjenjang dari provinsi ke tingkat Nasional di Teater Arena, Taman Budaya Kota Tegal 3-4 Agustus 2019. “Kegiatan diikuti 25 SMA/MA/SMK se-Jawa Tengah. Mereka bersaing untuk menampilkan pementasan terbaik agar bisa menjadi juara,” katanya.

Rudi mengemukakan, kegiatan tersebut bertema “Kobarkan Nasionalisme Melalui Sastra”. Hadir antara lain, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Johardi mewakili Wali Kota Tegal, Ketua Dewan Kesenian, Yono Daryono serta Seniman-seniman Jawa Tengah.

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Tirto Suwondo menyampaikan, tujuan dari Festival Sastra Indonesia antara lain siswa mengenal, memahami serta menghayati berbagai karya sastra, khususnya cerpen. “Siswa bersikap positif dan apresiatif, siswa dapat meningkatkan bakat mengapresiasikan dan mengekspresikan karya sastra dalam hal ini cerpen, dengan harapan siswa berkreativitas dalam ajang ini,” katanya.

Rudi menambahkan, dalam festival para siswa SMA/MA/SMK beradu ide garapan, interpretasi dengan cerpen yang sudah ditentukan oleh Panitia Balai Bahasa yaitu “Ibu yang anaknya diculik itu” karya Seno Gumira Ajidarma, “Bendera” karya Putu Wijaya dan “Tuba” Karya Damhuri Muhammad. Untuk juri yaitu Eko Tunas (Semarang), Yanusa Nugroho (Jakarta), dan Sosiawan Leak (Surakarta).

Dari hari penilaian, dewan juri memutuskan hasil Festival Sastra Indonesia 2019 yaitu MAN 1 Brebes sebagai tata rias dan kostum terbaik, MA Pabelan Mungkid sebagai Ilustrasi terbaik, Muhammad Rudiyanto (Rudi Iteng) SMAN 1 Kota Tegal sebagai Sutradara Terbaik, Adinda Safira M SMKN 4 Kendal sebagai Aktor Pembantu Wanita Terbaik, Irfandika Rheza SMA Kesatrian 2 Semarang sebagai Aktor Pembantu Pria Terbaik, Akhmad Wahyudin MAN 1 Brebes sebagi Aktor utama pria terbaik , Nailussa’adah SMAN 1 Kota Tegal Sebagai Aktor Utama Wanita TerbaiK. Sedang Penampil Harapan 2 dari SMKN 4 Kendal, Penampil Harapan 1 dari MAN 1 Brebes, Penampil terbaik 3 diraih SMAN 3 Temanggung, Penampil Terbaik 2 diraih MAN Kendal, dan Penampil terbaik 1 sekaligus mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat Nasional diraih SMAN 1 Kota Tegal. (Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.