Asrama Polisi Harus Beriman

  • Program Jumat Bersih Polres Tegal Kota

TEGAL – Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi seluruh penghuni Asrama Polisi (Aspol) R Soeprapto di Jl Aiptu KS Tubun, harus ”Beriman”. Maksudnya lingkungannya harus bersih indah dan aman.

Hal itu dilakukan saat sidak di Aspol, yang merupakan kegiatan dari Program Jumat Bersih, yang rutin dilakukan tiap hari Jumat pagi. Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Davis Busin Siswara SIK, Kabag Ops Kompol Mandala, para kasat, meninjau sejumlah ruangan di asrama itu.

”Saya waktu kecil juga tinggal di asrama. Kebersihan dan keindahan menjadi hal utama dan penting. Karena itulah, aspol ini harus bersih indah dan aman. Semua penghuni harus dapat saling menjaga kebersihan, keindahan dan keamanan,” terang dia.

Untuk kebersihan, kata dia, semua harus kerja bhakti membersihan lingkungannya dari kotoran sampah dan pemandangan yang kurang mengenakkan. Halaman dan saluran harus bersih dari sampah.
Sedangkan untuk keindahan, lanjut dia, akan mudah dilakukan bila lingkungannya sudah bersih. Personelnya yang tinggal di asrama itu beserta seluruh keluarganya dapat menata lingkungannya agar indah dipandang mata.

Perlu CCTV
Berkait dengan keamanan, memang perlu ada kamera pemantau atau pengawas seperti closed circuit television (CCTV). Kamera yang diletakkan secara tersembunyi bersifat membantu atau mendukung pengamanan yang dilakukan seluruh penghuni asrama.Karena itulah, untuk menciptakan keamanan, perlu dilakukan penjagaan secara bergantian. Juga perlu diberlakukan jam malam dan pemasangan pintu pengamanan atau portal di pintu masuk dan keluar asrama .

Hal penting lainnya, personelnya hendaknya tetap rajin menabung agar dapat membeli rumah sendiri. Karena tak selamanya personelnya akan terus tinggal di asrama. Apalagi anak-anak juga kian tumbuh besar. Pada kegiatan berikutnya, Kapolres berharap agar lokasi kerja bhakti dalam rangka pelaksanaan program Jumat Bersih, dapat dilakukan di lokasi lain di asrama, agar kebersihan dan keindahan di lokasi itu dapat merata.

Di sisi lain, gerakan Jumat Bersih yang hari itu difokuskan di Aspol R Soeprapto juga dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah dan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI. ”Hal lainnya, rawatlah kebersihan ini, keindahan ini dan keamanan yang sudah baik, agar semuanya merasakan kenyamanan dan keamanan tinggal di asrama. Ini penting dan menjadi tanggung jawab semua warga asrama,” pesan dia.

(Rio Toepra/Red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.