BI Dorong Perkembangan Ekonomi Keuangan Syariah

PEMALANG – Bank Indonesia konsisten mendorong dan terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Ekonomi dan keuangan syariah berdampak positif bagi penguatan stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Departemen Ekonomi Syariah BI Kusumawati menyampaikan hal tersebut saat menjadi nara sumber dalam media gathering Pewarta Pantura Kantor Perwakilan BI Tegal baru-baru ini di museum BI, Jakarta. Menurut dia BI pada tahun 2017 telah mengeluarkan Cetak Biru Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai panduan di internal BI maupun dengan pihak eksternal yang berhubungan dengan aktivitas dan pelaksanaan cetak biru tersebut.

“Dengan cetak biru ekonomi dan keuangan syariah ini, BI sebagai otoritas moneter dan stabilitas sistem keuangan tetap berperan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan pemangku kepentingan terkait, dengan mengacu kepada prinsip dan nilai-nilai ekonomi dan keuangan syariah yang berdimensi keadilan, transparansi, produktifitas dan tata kelola yang baik,”kata Kusumawati.

Cetak biru tersebut memuat empat hal utama antara lain nilai-nilai dasar dan prinsip dasar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, kerangka dasar kebijakan pengembangan, strategi rencana aksi dan kerjasama koordinasi.

Sementara itu media gathering diikuti oleh wartawan yang biasa meliput kegitan BI Perwakilan Tegal. Para wartawan itu selama mengikuti kegiatan didampingi oleh Manajer Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Tegal, Bursya dan Humas, Tulus. Media gathering mengunjungi museum BI dan Peruri.

Di Pemalang sendiri perkembangan ekonomi dan keuangan syariah ditandai dengan beroperasionalnya bank-bank syariah. Aktifitas mereka mendapatkan perhatian dari DPRD Pemalang.

Ketua Komisi C DPRD Ujiyanto Mugo Raharjo mengatakan komisi C melakukan pemantauan terhadap bank syariah di Pemalang.”Kami ibarat gayung bersambut dengan kehadiran bank syariah, intinya kami melakukan upaya cegah dini agar masyarakat Pemalang dananya aman,”kata Ujiyanto.

Sejumlah bank syariah memang beroperasional di Pemalang tak hanya di perkotaan namun ada juga yang beroperasi sampai ke kecamatan-kecamatan.

(Ali Basarah/ Red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.