2.970 Tenaga Keagamaan Terima Bantuan Jasa Keagamaan

TEGAL  – Sebanyak 2.970 tenaga keagamaan di Kota Tegal mendapatkan bantuan jasa keagamaan dari Pemkot Tegal yang disalurkan melalui Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal. Bantuan tersebut diserahkan langsung Wali Kota, Dedy Yon Supriyono di Pendapa Ki Gede Sebayu Balai Kota Tegal, Selasa (6/8).

Menurut Kepala Sub Bagian Keagaaman Bagian Kesejahteraan Rakyat (Bagkesra) Setda Kota Tegal, MA Miftach Rachmat, sesuai dengan Undang -Undang (UU) No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur bahwa urusan agama adalah merupakan urusan absolut yang mejadi kewenangan Pemerintah Pusat. “Oleh karena itu, Pemkot Tegal dalam memberikan apresiasi kepada tenaga keagaaman melalui mekanisme hibah kepada Pemerintah Pusat, melalui Kemenag Kota Tegal sebagai instansi vertikal yang berada di daerah,” katanya.

Wali Kota, Dedy Yon Supriyono menyampaikan, pihaknya merasa lega setelah hibah jasa tenaga keagamaan bisa disalurkan. Total tenaga keagamaan yang menerima jasa tenaga keagamaan sebanyak 2.970 orang dan Pemkot Tegal mengalokasikan anggaran mencapai Rp 4.269.180.000/tahun. “Bantuan jasa tenaga keagamaan ini merupakan sebuah penghormatan dan penghargaan kepada para tenaga keagamaan di Kota Tegal, namun apabila dibandingkan dengan pengorbanan dan pengabdian tenaga keagamaan tidak akan sebanding. Karena itu, kedepan diharapkan selalu ada peningkatan bantuan jasa tenaga keagamaan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Penyaluran Jasa Tenaga Keagamaan, Plh Kemenag Kota Tegal, Tohari menyampaikan, terimakasih kepada Pemkot Tegal yang memberikan hibah jasa tenaga keagamaan melalui Kemenag Kota Tegal. “Hal ini merupakan program baru, karena sebelumnya diserahkan oleh Bagkesra dan saat ini disalurkan memalui Kemenang Kota Tegal,” katanya.

Dia menjelaskan, jasa tenaga keagamaan diberikan secara non tunai, melalui transfer ke Bank Jateng. Penerima jasa keagamaan tahun 2019 terdiri dari jasa tenaga keagamaan Guru TPQ sebanyak 604 orang selama 11 bulan sebesar Rp 150.000, jasa tenaga keagamaan Guru Madrasah Diniyah sejumlah 475 orang selama 11 bulan sebesar Rp 150.000, jasa tenaga keagamaan guru ngaji sejumlah 500 orang selama 11 bulan sebesar Rp 125.000, jasa tenaga keagamaan Lebe sejumlah 130 orang selama 11 bulan sebesar Rp 300.000, jasa tenaga keagamaan marbot sejumlah 531 orang selama 11 bulan sebesar Rp 100.000, jasa tenaga keagamaan takmir diberikan kepada 556 orang sebesar Rp 1.000.000. Untuk jasa tenaga keagaan rohaniawan akan diberikan pada bulan November 2019 kepada 175 orang sebesar Rp 600.000. Sedangkan dana anggaran hibah Pemkot Tegal juga akan dialokasikan untuk Penyelenggaraan Perkemahan Santri Diniyah (Persada) dan pelaksanaan Hari Santri Nasional (Wawan Hoed/Red1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.