Pemda Dinilai Masih Setengah Hati Dalam Progres Penyelesaian Jalan 

PEMALANG – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang menilai bahwa pemerintah daerah masih setengah hati dalam penyelesaian pembangunan jalan. Komisi B saat melakukan tinjauan di lapangan masih menemukan pengerjaan pembangunan jalan belum maksimal.

“Kami dari Komisi B, masih banyak melihat proyek pengerjaan jalan kabupaten minim pengawasan. Untuk itu pihaknya meminta pada pemerintah daerah khususnya yang kompeten dalam menangani proyek pembanguan jalan untuk lebih maksimal dalam pengawasan,” ujar Wakil Ketua Komisi B, DPRD Pemalang, Fahmi Hakim, baru baru ini.

Dia mengatakan, minimnya pengawasan terlihat dari pengerjaan jalan baik yang sifatnya pengerjaan langsung maupun lelang. Bahkan pihaknya masih melihat kualitas jalan yang dibangun belum maksimal. Hal itu akan berpengaruh terhadap kemampuan jalan dalam menerima beban. Untuk bisa menghasilakan jalan yang berkualitas harus ada kontrol ketat dari proses awal hingga akhir pekerjaan. Standar kualitas jalan yang dibangun harus sesuai dengan ajuan anggaran, tanpa harus mengurangi spek yang sudah diajukan. Apabila spek jalan sesuai dengan rencana awal diharapkan umurnya bisa sesuai target. Apabila spek tidak sesuai dapat dipastikan tidak bertahan lama, dan dikuatirkan akan mempengaruhi capaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemalang.

“Apabila berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pemalang, proyek pembangunan jalan kabupaten sekitar 700 kilometer. Artinya jalan yang dibangun tersebut kualirasnya dinilai belum maksimal seperti yang harapkan, untuk itu perlu dievaluasi,” tandasnya.

Ia mengatakan, kontrol dari DPRD Pemalang untuk mengingatkan pemerintah daerah sudah dilakukan sejak dulu. Bahkan setiap pembahasan anggaran dan hasil evaluasi temuan dilapangan sudah disampaikan pada pemerintah daerah. Namun upaya penanganannya masih kurang maksimal, untuk itu dalam RPJM harus dikejar dengan prioritas anggaran, pengawasan anggaran, hingga pembenahan mutu sumberdaya manusia.

(Jokowi/red3)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.