Koperasi Diminta Beradaptasi dan Bertransformasi

PEMALANG – Koperasi diminta untuk
mampu beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang berjalan dinamis. Wakil Bupati Martono menyampaikan hal itu saat resepsi hari Koperasi ke-72 di pendapa Kabupaten Pemalang, baru-baru ini.

Koperasi kata dia merupakan bentuk badan usaha yang paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Nilai- nilai kegotongroyongan yang dijadikan prinsip dasar koperasi merupakan nilai- nilai yang telah lama ada dan berkembang di masyarakat.

Keberadaan koperasi lanjutnya sebagai badan usaha yang tangguh, telah terbukti ketika bangsa Indonesia mengalami krisis multidimensi. Dengan ketangguhan koperasi tersebut pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendirikan koperasi.

Sementara itu tema hari Koperasi tahun ini adalah Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0.”Bupati mengimbau kepada insan koperasi di Kabupaten Pemalang untuk mempersiapkan diri menjadi manusia yang handal serta sigap atas perubahan yang terjadi,”ujarnya.

Menurutnya tantangan baru yang dihadapi perkoperasian ini bukan hanya mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi semata. Namun juga menyangkut persoalan cara berfikir dan tata kelola.

Karena itu Bupati pesan agar koperasi dapat melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan supaya menjadi lebih sesuai dengan perkembangan zaman. Insan koperasi harus memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya.

Sementara itu dalam acara tersebut diserahkan santunan kepada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Bisma Upakara Pemalang, TPQ Hidayatul Muqtadin Desa Jrakah Kecamatan Taman dan TPQ Al Sariyah Mulyoharjo. Kemudian penghargaan diserahkan kepada KPPS Al Fata’a Ulujami, Kospin Mitra Usaha Comal dan KPRI di Kecamatan Bantarbolang.

(Ali/red_77)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.