KPU RI Survei Partisipasi Pemilih ke Pemalang

PEMALANG – Dua pegawai Komisi Pemiliha Umum (KPU) RI datang ke Kabupaten Pemalang. KPU RI melakukan evaluasi tingkat partisipasi masyarakat dengan metode wawancara. Lokasi yang dipilih hanya untuk daerah dengan tingkat partisipasi pemilih rendah yakni kabupaten/kota yang tidak mampu mencapai target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. Pada Pemilu 2019 partisipasi pemilih di Kabupaten Pemalang baru sebatas 71,05 persen.

“Setelah berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Pemalang akhirnya Desa Walangsanga Kecamatan Moga yang dipilih sebagai lokasi survei. Pada Pemilu 2019 partisipasi pemilih di desa ini hanya 56,24 persen,” ujar Sri Dewi Kasubbag pada Biro Teknis dan Hupmas KPU RI, baru baru ini.

Dia mengatakan, tim dari KPU RI mewawancarai 20 orang yang dianggap mewakili karakteristik pemilih. Di antaranya kalangan perempuan, tokoh masyarakat atau agama, disabilitas, pemilih pemula, kaum marjinal atau pinggiran, dan pemuda. Selama proses wawancara KPU RI dibantu penyelenggara Pemilu Desa Walangsanga (PPS). Sejumlah pertanyaan yang diajukan antara lain alasan memilih ataupun tidak memilih dalam Pemilu 2019. Misalnya memilih karena figur atau visi misi calon, kedekatan dengan calon, kesamaan suku atau agama, memilih karena partai pengusung, dan memilih karena mendapat imbalan atau diiming-imingi. Di akhir wawancara KPU RI ingin mencari tahu sejauh mana efektivitas sosialisasi dan pendidikan pemilih di desa tersebut. Apakah penduduk setempat sudah pernah mendapatkan sosialisasi tentang Pemilu yang memadai atau belum. Kemudian mencari tahu alat atau media sosialisasi pendidikan pemilih yang dikehendaki warga di daerah dengan partisipasi pemilih rendah itu seperti apa.

“Kami mendapati fakta bahwa faktor utama partisipasi di Walangsanga adalah perantau. Sedangkan perempuan di desa menganggap menggunakan hak pilih dalam Pemilu sebagai kewajiban,” ujar Lidya Arliny, pegawai KPU RI lain.

Agus Setiyanto, Anggota KPU Kabupaten Pemalang yang mendampingi pegawai KPU RI berharap melalui penelitian ini nantinya akan diperoleh masukan yang bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi politik
masyarakat pada pelaksanaan Pemilu yang akan datang.

(Jokowi/red_77)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.