Pelaku Spesialis Pencuri Motor Milik Petani Ditembak

BREBES – Raskim (34), pelaku spesialis pencurian sepeda motor yang diparkir di tepi sawah diringkus tim unit Resmob Satreskrim Polres Brebes, kemarin. Warga Losari Barat, Kabupaten Cirebon itu terpaksa dilumpuhkan polisi dengan timah panas di kaki kirinya, lantaran mencoba melwan.

Pelaku yang juga residivis kasus pencurian motor itu dilarikan ke RSUD Brebes, sebelum dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Brebes. Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui KBO Satreskrim Iptu Triyatno mengatakan, pelaku tercatat sudah empat kali melakukan aksi pencurian motor di Brebes. Sasarannya, adalah sepeda motor petani yang diparkir ditepi sawah. ” Pelaku ini kami tangkap di tempat persembunyiannya, di Dukuh Karangmulya Desa Tawangsari Kecamatan Losari Barat, Kabupaten Cirebon, ” ujarnya.

Menurut dia, pelaku mencuri satu unit motor milik petani bawang merah di wilayah Sengon, Kecamatan Tanjung, Brebes. Modusnya, dengan cara merusak kunci sepeda motor dengan kunci T dan membawa kabur. “Dari tangan pelaku kami amankan sejumlah barang bukti. Di antaranya, tiga unit sepeda motor, uang tunai hasil kejahatan Rp 1 juta, empat HP dan satu buah kunci letter T,” ungkapny.

Saat beraksi, lanjut dia, pelaku hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit. Setelah sebelumnya melakukan pengintaian, pelaku merusak kontak sepeda motor menggunakan kunci leter T. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. “Pelaku kejahatan harus ditindak tegas, apalagi membuat masyarakat sampai resah,” tandasnya.

Sementara pelaku Raskim mengaku, telah mencuri sejumlah sepeda motor yang terparkir di dekat persawahan untuk dijual kembali. “Hasilnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari, saya jual satu unit motor sebesar Rp 2.7 juta,” tuturnya.

(Setiawan/ red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.