Aksi Sulap Briptu Ali Mukti Murtado

  • Obati Kejenuhan Warga dan Anak-Anak

TEGAL – Sajian langka, unik dan menarik, dipertontonkan jajaran Sat Lantas Polres Tegal Kota. Terutama terhadap warga yang tengah antre mengurus pembuatan SIM baru maupun perpanjangan. Bahkan anak-anak yang ikut bersama orang tuanya, pun turut terhibur. Itu berkat aksi sulat Briptu Ali Mukti Murtado, yang mencoba menghibur warga yang tengah duduk mengantre. Dia dibantu rekannya, seorang Polwan, Bripda Citra Egi.

”Saya akan menebak gambar kartu yang bapak ibu pilih. Ayo coba kartunya pilih sendiri, saya tak akan melihatnya, ” ucap personel Sat Lantas yang sehari-hari bertugas di bagian Pelayanan SIM Sat Lantas Polres Tegal Kota.
Heri Suherman (47) warga Debong Tengah yang kemudian memilih salah satu kartu, cukup yakin kartu pilihannya tak bakal tertebak personel polisi itu. Tapi hal mengejutkan terjadi.

Ketika kartu pilihannya baru diletakkan ditumpukan kartu yang dipegang polisi pesulap tersebut, justru oleh Briptu Ali Mukti Murtado dibalik posisinya. Akhirnya gambar kartu pun terbuka. ”Wah kalau ini namanya bukan sulap. Kan kartunya dibalik. Jadi jelas gambarnya mudah ditebak,” ucap Heri yang tengah mengurus perpanjangan SIM A.

Bukan pesulap kalau tak memiliki trik menghibur penontonnya. Briptu Ali Mukti justru mengatakan ke pemohon SIM itu apakah kartu pilihannya sudah tepat atau belum. Atau ingin diganti dengan yang lain. Heri pun mengangguk dan mengatakan kartu itu saja yang dipilih dan gambarnya sudah diketahui. ”Okey, kartunya kita kocok dan coba lihat apa yang akan terjadi,” ucap Ali Mukti. Selesai mengocok kartu berkali ulang, kemudian dia meminta salah seorang penonton untuk mengetuk-ketuk kartunya tiga kali.

Hal mengejutkan pun terjadi, kartu As Wajik Merah, yang semula berjumlah satu, begitu tumpukan kartunya yang sudah dikocok dan diketuk-ketuk dibuka, berubah menjadi gambar As Wajik Merah, dengan jumlah cukup banyak.
Aplaus hangat pun membuat suasana di ruang tunggu pelayanan SIM Sat Lantas Polres Tegal Kota menjadi ramai. Warga yang mengantre pun tak menduga polisi pesulap itu melakukan hal tak terduga.

Anak-Anak
Sasaran berikutnya adalah sejumlah anak-anak yang dibawa orang tuanya saat mengurus pelayanan SIM di markas kepolisian itu, dan tengah asyik bermain di tempat bermain anak-anak di tak jauh dari lokasi tersebut.
Didampingi Bripda Citra Egi, Briptu Ali Mukti awalnya mengajak bernyanyi bersama. Kurang mendapat respon, akhirnya dia pun mengeluarkan jurus aksi sulapnya. Mulai dari permainan sedotan pelastik yang bisa berdiri tegak dan menjadi panjang, hingga berubah menjadi sebuah permen. Anak-anak pun tertawa dan terhibur dengan aksi sulap Briptu Ali Mukti.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi melalui Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Ben Aras mengatakan, aksi sulap yang sajikan personel bawahannya, termasuk dalam rangka pelayanan.  Yakni dengan cara memberi hiburan ke warga yang tengah mengantre. ”Kalau antreannya cukup banyak, dan agar warga tak merasa jenuh, maka aksi sulap pun digelar. Meski barang sebentar,” ucap dia.

Perlu diketahui, Briptu Ali Mukti Murtado meski mengatakan belajar sulap secara otodidak dan meniru kemahiran sulap yang dimiliki kakaknya, aksi sulapnya bukanlah sulap ala khadarnya.  Dia yang menggemari sulap sejak SMP, kepiawaiannya sudah terbukti mengundang aplaus hangat penontonnya. Bahkan hobinya bermain sulap, telah mampu mengantarkan bertemu dengan master magic Deddy Corbuzier, ajang Magicomic Show Indosiar, beberapa waktu lalu. Bahkan soal prestasi sulapnya, dia juga pernah meraih juara di ajang kompetisi nasional magic di Cirebon tahun 2017, dan Tahun 2018 di Kota Tegal.

(Riyono Toepra/red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.