Temuan Burung Rangkong Dilaporkan Ke BKSDA Jateng

KAJEN- Kepolisian Resor Pekalongan telah melaporkan temuan burung langka berjenis rangkok julang emas kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam,(BKSDA) Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti. Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, melalui kasubbag Humas Iptu Akrom.

Ia mengatakan, temuan seekor burung langka berjenis rangkong julang emas itu ditemukan warga dalam kondisi tidak berdaya di hutan wilayah Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan beberapa waktu lalu oleh Rohmat (50) warga Talun. Namun pada Sabtu (20/7) ini diserahkan kepada keponakannya Rohmat yakni saudara Arif Budiman (22), ke rumahnya di Kranji Kelurahan Kedungwuni Timur, Kecamatan Kedungwuni untuk dirawat.
“Penemuan burung langka itu kemudian dilaporkan ke petugas Mapolsek Kedungwuni pada hari Senin (22/7),”katanya.

Adanya laporan penemuan satwa yang dilindungi itu kemudian langsung disikapi kepolisian dengan melaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam,(BKSDA) Jawa Tengah. “Atas temuan burung langka itu kami langsung menghubungi BKSDA Jawa Tengah,” kata Iptu Akrom.

Akrom menceritakan, Arif Budiman (22) mendapatkan seekor burung Rangkong Julang Emas dari pamanya yakni Rohmat. Rohmat sendiri mendapatkan burung tersebut sudah dalam kondisi tidak berdaya di hutan usai pulang dari memanen cengkeh. “Karena kondisinya tidak berdaya, Arif berinisiatif untuk merawatnya terlebih dahulu burung itu sebelum diserahkan kepada petugas. Lantaran menyadari burung yang dibawa merupakan burung langka dan dilindungi kemudian dilaporkan ke petugas. Rencananya burung akan diambil BKSDA pada hari Kamis, (25/7) mendatang,” paparnya.

(Siti Masitho/ red38)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *