Pantai Pulau Kodok Jadi Destinasi Wisata Baru

TEGAL – Pantai Pulau Kodok di wilayah RT 06 RW 10 Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur bisa dijadikan destinasi wisata baru. Sebab, kondisi pantainya dinilai masih alami dan indah, sehingga selama ini banyak dikunjungi masyarakat.

Pemkot Tegal harus memberikan perhatian serius untuk pengembangan wisata baru tersebut. Yakni, dengan melakukan penataan lingkungan, pembinaan pedagang kaki lima (PKL) serta upaya dalam penanganan abrasi. “Dalam pengelola perlu juga melibatkan masyarakat sekitar, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata anggota DPRD, Rachmat Raharjo.

Rachmat mengemukakan, akses jalan menuju lokasi Pantai Pulau Kodok perlu diperbaiki dan dilakukan pengaspalan karena saat ini masih berupa jalan setapak. Selain itu, juga perlu disediakan area penataan parkir dan tempat sampah untuk menjaga ketertiban serta kebersihan. Selama ini Pantai Pulau Kodok menawarkan suasana pantai yang sejuk dan aman bagi pengunjung yang akan bermain air. “Meski belum dijadikan sebagai tempat wisata secara resmi, namun masyarakat sering memanfaatkan selain untuk sekadar menikmati pemandangan laut, pasir pantai juga digunakan untuk terapi penyakit,” katanya.

Salah seorang warga, Rohyati menyampaikan, akhir-akhir ini Pantai Pulau Kodok banyak dikunjungi masyarakat karena kondisinya masih alami dan sejuk. Pantai tersebut dinamakan Pantai Pulau Kodok karena dulunya banyak areal tambak yang dimanfaatkan untuk memancing dan sering berpindah-pindah tempat serta duduk seperti kodok. “Kebetulan juga disini banyak kodok, sehingga seiring berjalannya waktu tempat ini akhirnya dijuluki Pulau Kodok.’’ ujarnya.(Wawan Hoed/Red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.