Pangsa Pasar Kopi Capar Kini Tembus Luar Daerah

BREBES – Produksi kopi capar dari Desa Capar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, kini terus meningkat. Hal ini diketahui dari musim panen raya tahun ini. Bahkan, Camat Salem Nur Ari HY, Danramil 13 Salem Iskandar dan Kapolsek Salem Tri Wiratna ikut panen dengan cara memetik biji kopi yang sudah merah atau matang.

Kesempatan tersebut dilakukan mereka usai menghadiri serah terima Kepala Desa Capar di Balai Desa Capar, Jumat (19/7). Camat Salem Nur Ari mengaku bangga dengan inovasi dan kreatifitas warganya terkait budi daya perkebunan kopi. Bahkan, kopi ini telah dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Giri Mulya, di desa setempat.“Kopi berjenis Robusta ini, telah banyak dikenal masyarakat luas dengan pemasaran yang hingga ke luar daerah baik dengan cara online maupun off line,” paparnya.

Dia menuturkan, belakangan ini Kopi Capar jenis robusta dari Desa Capar-Salem sudah mulai dikenal oleh masyarakat sekitar Brebes dan sekitarnya. Bahkan beberapa saat yang lalu,  mengikuti pameran di Suropadan. Kopi yang diolah dengan cara masih sederhana dikelola Bumdes Capar baik dalam pengolahan ataupun pemasarannya. “Kopi ini juga sudah kita pamerakan di Suropadan untuk mengenalkan pangsa pasarnya,” kata dia.


Perkebunan Kopi di desa Capar, kata dia, ditanah diatas tanah pribadi warga dan hutan KPH Salem seluas ±200 hektar. Dan penghasilan per tahun ±20 ton. Diharapkan Desa Capar tidak hanya mengelola Kopi Capar saja, karena banyak perkebunan lain yang menjadi komoditas di daerah berhawa dingin tersebut. Beberapa komoditas yang berkembang bagus dan bisa dijadikan buah tangan. Beberapa komoditas hasil inovasi dan kreativitas warga yang berorientasi ekonomi produktif di Kecamatan Salem antara lain Batik di desa Bentar dan Bentarsari,  boboko (anyaman bambu tempat nasi),  sale pisang,  tape ketan dan lain sebagainya.
Ari menuturkan, kalau Pemerintah Kecamatan Salem saat ini sedang berupaya membuat ruangan untuk expo guna menjual hasil-hasil produk lokal di Kecamatan Salem. “Mudah mudahan tahun ini dapat terealisasi sehingga dapat menjadi sarana promo dan silaturahim Bumdes,  cluster dan para produsen oleh-oleh Salem,” pungkasnya.

(Setiawan/red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.