Wali Kota Tegal Diminta Segera Buka Seleksi Jabatan Sekda

TEGAL- Fraksi PDIP DPRD meminta agar Wali Kota Tegal segera melakukan proses seleksi Sekda definitif sesuai peraturan yang berlaku. Sebab, kekosongan jabatan tersebut sudah berlangsung lebih dari enam tahun.

“Selama kekosongan jabatan Sekda tercatat sudah lima kali jabatan Sekda Pelaksana Tugas (Plt) dan Pejabat Sementara (PJ). Apakah dalam kurun waktu kepemimpinan yang baru akan di Plt atau PJ-kan terus? ” tegas juru bicara Fraksi PDI Perjuangan, Rosalina, kemarin.

Menurut dia, pihaknya menyampaikan persoalan tersebut dengan tujuan agar tercipta tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasarkan Undang – Undang (UU) No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 214 ayat (3) disebutkan masa jabatan penjabat sekretaris daerah paling lama enam bulan dalam hal sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas, atau, paling lama tiga bulan dalam hal terjadi kekosongan sekretaris daerah.

Selain itu, juga diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 tahun 2018 tentang pPenjabat Sekretaris Daerah, Pasal 10 ayat (1) disebutkan proses seleksi terbuka sekretaris daerah oleh kepala daerah harus sudah dimulai paling lambat lima hari kerja, terhitung sejak terjadinya kekosongan sekretaris daerah.

“Selanjutnya berdasarkan surat Gubernur Jateng tentang Persetujuan Penetapan Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tegal, memberi amanat agar segera diproses seleksi terbuka jabatan sekretaris daerah. Sebab pejabat setda yang sekarang masa jabatannya dibatasi paling lama 3 bulan,” ujarnya.

Rosalina menambahkan, Raperda RPJMD merupakan penjabaran dari visi pembangunan 2019-2024, sebagaimana janji dalam Pilkada 2018. Karena itu, aplikasi memerlukan keseriusan pemerintah. “Agar kerja pemerintah daerah dapat terukur, terarah dan terwujud sesuai harapan. Utamanya keseriusan dalam mempersiapkan sumber daya manusia dan kepastian atas posisi jabatan-jabatan dari personel OPD, baik yang ada di dinas maupun lembaga lainnya terutama pejabat yang memiliki posisi strategis sebagai manajerial yang memiliki fungsi mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan kerja jajaran, yakni sekretaris daerah,” katanya.(Wawan Hoed/Red2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.