DPKP Temukan Obat Ilegal Hewan

Tegal, Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Tegal melakukan pantauan ke sejumlah tempat penyedia obat hewan di Kota Tegal, Selasa (9/7). Hasilnya, tim yang dipimpin Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Verterliner Liza Atikah ini menemukan banyak obat ilegal bagi hewan.

“Tadi kita keliling ke tempat distributor obat hewan, kemudian ke toko-toko, dan pasar hewan ini. Ada banyak sekali kita temukan. Termasuk di sini di pasar hewan,” kata Liza Atikah, didampingi stafnya drh. Setyo Budi Laksono ditemui di Pasar Burung dan Hewan Kota Tegal..

Menurut dia, obat ilegal karena belum terdaftar di Kementrian Pertanian (Kementan) RI. Selain itu, karena belum teruji secara klinis maka tidak bisa dipastikan keamanannya. Ini bentuk kontrol peredaraan obat hewan, apakah legal ataukah ilegal, termasuk tanggal kadaluarsa. Sehingga memastikan obat-obat untuk hewan itu harus bagus atau aman,” kata dia.

Lebih lanjut dikatannya, adanya obat ilegal bisa jadi karena produser belum mengurus izin. Masyarakat diimbau agar betul- betul memperhatilan obat hewan yang akan dibeli. Karena bisa jadi obat hewan ilegal tidak efektif untuk menyembuhkan namun justru bisa kebalikannya. Ada pun berdasarkan temuan di lapangan, Liza mengatakan harga obat ilegal dan legal dijual sama. “Kalau obat legal itu kan dosisnya pas. Juga aman untuk mengobati hewan. Kalau harganya rata-rata dijual sama antara legal dan ilegal,” pungkasnya.

(setiadi_red38)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.