Take a fresh look at your lifestyle.

Ditutup Sementara, Jalan Menuju Guci Kondisinya Makin Parah

JALAN AMBLAS : Sejumlah kendaraan melintasi jalan amblas di ruas Yomani-Guci

60

BALAPULANG – Tiga hari sejak amblasnya jalan menuju obyek wisata Guci tepatnya di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, kondisinya makin parah. Pada Senin (15/2), kedalaman amblasnya tanah jalan itu mencapai 5 meter. Kondisi tersebut membuat jalan Yomani-Guci ditutup sementara.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin mengatakan, pergerakan tanah masih terjadi hingga hari ketiga amblasnya ruas jalan Yomani-Guci. Pada hari pertama Sabtu (13/2), kedalaman amblas antara 40-50 centimeter. Hari kedua dalaman amblasan bertambah menjadi 1-2 meter, dan kemarin mencapai kedalaman 5 meter.

“Pergerakan masih berlanjut, dan sementara jalan ditutup,” katanya.

Menurut dia, kendati pergerakan masih terjadi, namun BPBD bersama DPU dan instansi terkait lainnya tetap melakukan perbaikan. Perbaikan dilakukan dengan urugan sirtu yang dipadatkan. Untuk proses itu, pihaknya mengalihkan jalan menuju Guci dengan melewati jalur Kalibakung-Batuagung-Cenggini-Bumijawa-Guci. Selain itu, pengunjung Guci juga bisa melewati jalur Jatinegara-Bojong-Guci.

“Kami sudah membuat tim reaksi cepat untuk penanganan bencana di Kabupaten Tegal. Tim ini akan melakukan asesmen kerusakan jalan, saluran PDAM, jaringan listrik dan telepon,” terang Jaenal.

Ditambahkan, jalan itu kerap mengalami amblas saat musim hujan. Terakhir, terjadi pada tahun 2015 lalu. Jalan itu diakui sangat labil dan berada di lereng bukit. Kondisi itu diperkirakan akan terjadi selama sepekan kedepan.

“Pergerakan tanah akan terus terjadi selama sepekan kedepan. Ini berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

BERITA LAINNYA