Take a fresh look at your lifestyle.

15 Wajah Baru Duduki Kursi DPRD Brebes

244
  • KPU Tetapkan Caleg Terpilih

BREBES – Sebanyak 15 wajah baru kini menduduki kursi DPRD Kabupaten Brebes. Mereka terpilih dari hasil Pemilihan Umum (Pemilu) pada April 2019 lalu. Hal itu diketahui saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes menetapkan perolehan kursi partai politik (Parpol) dan calon anggota DPRD terpilih, dalam rapat pleno terbuka di Ruang Pertemuan Hotel Anggraeni Jatibarang, Senin malam (22/7).

“Sesuai hasil penetapan calon anggota DPRD terpilih ini, diketahui ada 15 wajah baru dari total sebanyak 50 anggota DPRD Brebes. Sisanya, masih diduduki para calon incumbent atau wajah lama,” ungkap Ketua KPU Brebes, M Riza Pahlevi, usai rapat pleno.

Dia mengatakan, dari 15 wajah baru yang berhasil menjadi anggota DPRD Brebes itu, tersebar di enam daerah pemilihan (Dapil) yang ada. Di Dapil Brebes I (Brebes, Jatibarang, Songgom) terdapat 4 wajah baru. Yakni, Moch Iqbal Tanjung (PKB), Mashadi (PDIP), Beni Purnomo (Golkar) dan M. Nizwal Alif Syahrin (Demokrat). Di Dapil Brebes II (Tonjong, Bumiayu, Sirampog, Paguyangan) ada satu wajah baru, yakni Arif Royani (PKS). Kemudian di Dapil III (Larangan, Bantarkawung, Salem) ada dua wajah baru, yakni Indah Eli Purwati (PDIP) dan KH Nuridin (PPP). Di Dapil IV (Ketanggungan, Banjarharjo) ada dua wajah baru, yakni Murnaeni (Gerindra) dan Didi Tuswadi (PDIP). sedangkan di Dapil Brebes V (Tanjung, Kersana, Losari) ada sebanyak tiga wajah baru, yakni Siti Farijah (PKB), Wanuri (PDIP) dan Tobidin (PAN). “Terakhir, di Dapil VI yang meliputi Kecamatan Wanasari dan Bulakamba ada sebanyak 3 wajah baru. Yakni, Haryanto dari PKB, M. Taufik dari PDIP dan Opy Ropiyah dari Demokrat,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk perolehan kursi berdasarkan Parpol, ada sembilan parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Brebes. Meliputi, PDIP sebanyak 13 kursi, PKB 9 kursi, Partai Golkar 7 kursi, Partai Gerindra 6 kursi, PKS 4 kursi, PPP 4 kursi, Partai Demokrat 3 kursi, PAN3 kursi dan Partai Hanura 1 kursi.

“Dari sembilan parpol ini, ada 4 partai yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD. Yakni, PDIP, PKB, Golkar dan Gerindra,” ucapnya.

Dia menambahkan, sesuai kententuan, keterwakilan perempuan dalam anggota DPRD yang harusnya mencapai 30 persen. Namun, untuk hasil pemilu kali ini keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Brebes masih di bawah 30 persen, yakni hanya 16 persen. Artinya, dari total 50 anggota DPRD, untuk perempuannya hanya ada 8 orang. “Saat pendaftaran Pemilu lalu, syarat salah satu parpol ikut pemilu harus ada keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Tapi, untuk keterwakilan perempuan saya tidak bisa lebih rinci. Yang jelas dari 50 anggota dewan terpilih, 8 orang di antaranya merupakan perempuan,” pungkasnya.

(Setiawan/ red38

BERITA LAINNYA